Kesalahan Pemilihan Sepatu yang Menyebabkan Gangguan pada Kaki

  • Share
Kesalahan Pemilihan Sepatu Yang Menyebabkan Gangguan Pada Kaki
Kesalahan Pemilihan Sepatu Yang Menyebabkan Gangguan Pada Kaki

Sepatu atau sandal bukan hanya digunakan sebagai pelindung kaki bagi para wanita namun juga sebagai aksesoris yang dipadupadankan dengan busana.

Oleh karena itu sepatu juga mengikuti tren mode dari waktu ke waktu. Namun ternyata memilih sepatu karena mengikuti menyebabkan gangguan pada kaki.

Gangguan tersebut meliputi tulang kaki yang bengkok, otot yang kejang pertumbuhan tulang kaki yang abnormal dan nyeri kronis.

Apa saja kesalahan pemilihan sepatu yang menyebabkan gangguan pada kaki tersebut? Berikut ulasannya.

Sepatu Ultra-High Heels

Ultra-high heels atau tumit sepatu super tinggi dapat menyebabkan segala sesuatu dari keseleo pergelangan kaki untuk nyeri kronis. Mari kita lihat gangguan yang disebabkan oleh jenis sepatu ini.

  1. Nyeri pada Belakang Tumit
    Gaya ini terkenal karena menyebabkan simpul yang menyakitkan di bagian belakang tumit. Menekan bahan kaku pada deformitas tulang beberapa wanita. Tekanan menyebabkan lecet, bengkak, bursitis, bahkan rasa sakit pada tendon Achilles. Es, orthotics, dan tumit bantalan dapat mengurangi rasa nyeri. Gangguan yang diakibatkan akan membuat tonjolan tulang bersifat permanen.
  2. Posisi Kaki tidak Natural
    Ultra-high heels memaksa kaki ke posisi yang menempatkan tekanan pada bola kaki. Pada sendi kritis, tulang metatarsal panjang memenuhi kacang-berbentuk tulang sesamoid, dan tulang jari kaki (falang). Terlalu banyak tekanan dapat mempengaruhi tulang-tulang atau saraf yang mengelilinginya. Stres kronis pada tulang kaki bahkan dapat menyebabkan patah tulang garis rambut.
  3. Pergelangan Kaki Terkilir
    Semua sepatu hak tinggi meningkatkan risiko keseleo pergelangan kaki. Masalah yang paling umum adalah keseleo lateral. Keseleo jenis ini membentang sepanjang ligamen pergelangan kaki di luar panjang normal mereka. Sebuah keseleo parah mungkin merobek ligamen. pergelangan kaki  yang terkilir memerlukan terapi fisik untuk menyembuhkannya. Risiko mengembangkan osteoarthritis meningkat dengan keseleo parah atau fraktur pergelangan kaki.

Solusi: Tumit Pendek

Beralih ke tumit pendek akan membantu Anda menghindari masalah dengan tulang metatarsal.

Semakin rendah Anda sepatu yang digunakan, maka posisi kaki Anda akan lebih alami kaki. Pilihlah tumit yang tidak lebih dari 2 inci tingginya

Sepatu Stiletto atau Bertumit Runcing

Meskipun semua sepatu hak tinggi dapat menyebabkan masalah, tumit runcing atau stiletto sangat berisiko karena berat badan ini hanya ditopang pada satu bidang. Hal ini akan membuat ketidakseimbangan dalam berjalan dan keseleo pergelangan kaki Anda.

Solusi: Tumit Lebar atau Heel Chunky

Sebuah tumit chunky atau tumit yg lebar memiliki luas permukaan lebih banyak dan mendistribusikan berat badan Anda lebih merata.

Hal ini membuat kaki lebih stabil bila dibandingkan dengan stiletto atau spindle heels. Meskipun sepatu hak tinggi tebal masih dapat menempatkan tekanan pada bola kaki Anda, namun tumit lebar akan mengurangi bahaya tersandung dengan meminimalkan goyangan Anda.

Sepatu Flat atau Sepatu Ballet

Sepatu flat atau sepatu ballet tidak memiliki lengkungan yang membuat kaki berfungsi secara optimal dan dapat menyebabkan lutut, pinggul, dan masalah punggung. Hal ini bisa menyebabkan plantar fasciitis.

Solusi: Bantalan orthotic

Jika Anda menyukai tampilan flat balet, bantalan orthotic ini dapat membantu mencegah sakit kaki ringan. Bantalan tumit dapat memberikan bantalan tambahan untuk tumit pegal.

Dan dapat meringankan berbagai macam rasa sakit kaki. Podiatrists meresepkan bantalan ini untuk memberikan dukungan lengkungan dan mengurangi tekanan pada daerah sensitif.

Sandal Jepit

Sandal jepit menawarkan perlindungan sangat sedikit. Risiko terkena serpihan atau cedera kaki yang lain lebih tinggi ketika kaki begitu terkena.

Penderita diabetes sebaiknya tidak memakai sandal jepit, karena luka goresan sederhana dan dapat mengakibatkan komplikasi serius. Selain itu, banyak sandal jepit tidak memberikan dukungan kerangka dan bantalan yang kokoh.

Seperti sepatu flat balet, sandal jepit dapat memperburuk plantar fasciitis dan menyebabkan masalah dengan lutut, pinggul, atau punggung.

Solusi : Gunakan Sandal Sporty atau Sandal Gunung

Sandal ini lebih tertutup dan dapat melindungi lebih maksimal. Telapak Kaki yang tebal akan memberikan dukungan pada otot kaki dibandingkan dengan sandal jepit

Sepatu Platform atau Wedges

Sepatu Platform atau wedges memiliki sol tebal, berat dan kaku. Kaki Anda berusaha membengkokkan dengan cara tertentu, tetapi sepatu tidak bisa mengikuti gerakan kaki karena begitu kaku.

Jika tumit platform jauh lebih tinggi daripada daerah kaki, sepatu juga menempatkan tekanan pada tulang metatarsal.

Solusi : Platform yang Datar

Meskipun masih tidak dianjurkan, sepatu platform yang datar dapat menempatkan sedikit ketegangan pada kaki Anda.

Carilah wedge lebar atau platform yang hampir sejajar dengan tanah. Ini akan mengurangi tekanan pada bola kaki. Namun, satu-satunya kaku tetap menjadi penghalang untuk gerakan berjalan alami.

Sepatu Berujung Runcing

Mereka mungkin gaya, tapi sepatu berujung lancip dengan menekan seluruh bagian depan kaki Anda bersama-sama.

Setelah waktu, hal ini dapat menyebabkan nyeri saraf, bunions, dan lecet. Beberapa wanita bahkan mengalami memar di bawah kuku mereka akibat tekanan yang konstan.

Masalah-masalah yang ditimbulkan sepatu jenis itu adalah sebagai berikut :

  1. Bunion
    Bunion adalah benjolan yang menyakitkan di dasar jempol kaki, yang dapat menyebabkan jari kaki menekuk. Ini terbentuk ketika jaringan atau tulang pada sendi dasar akan menonjol. Hal ini dapat terjadi setelah bertahun-tahun tekanan abnormal dan gerakan.
  2. Kelainan Bentuk Jari Kaki
    Sepatu bertumit tinggi mendorong berat badan terlalu banyak ke arah jari-jari kaki dan kemudian menekannya bersama-sama. Seiring waktu, hasilnya bisa hammertoe (tahap awal, kanan bawah), lengkungan abnormal pada sendi jari kaki yang secara bertahap dapat menjadi kaku. Pembedahan kadang-kadang diperlukan untuk meringankan rasa sakit hammertoe parah. Crowding dapat menyebabkan kelainan bentuk kaki lainnya, bersama dengan gesekan sepatu terus menerus, menyebabkan benjolan menyakitkan dan kapalan.

Solusi: Pilih Sepatu Berujung Lebar

Anda dapat menghindari bahaya kaki runcing dengan memilih sepatu boxier. Jika gaya yang ini tidak menarik bagi Anda, carilah sepatu yang kemiringan ke titik di luar tepi jari-jari kaki Anda. Pilih bahan yang lebih lembut, bukan kulit kaku.

Sepatu Salah Ukuran

Kebanyakan perempuan mengenakan sepatu yang terlalu kecil hanya karena menyukai modelnya. Konsekuensinya mengakibatkan kapalan, lecet, bunions dan masalah lainnya.

Menggosok kaki secara konstan dapat mengiritasi sendi di kaki dan menyebabkan radang sendi. Penelitian menunjukkan banyak anak-anak juga mengenakan ukuran sepatu yang salah, yang menempatkan mereka pada risiko cacat kaki saat mereka tumbuh.

Solusi: Ukur Kaki Anda

Sebelum membeli sepatu baru, memiliki ukuran profesional panjang dan lebar kaki Anda pada akhir hari, saat Anda sedang berdiri.

Untuk kaki yang luar biasa datar atau lengkungan tinggi, ujian oleh ahli penyakit kaki dapat dibenarkan. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko osteoarthritis.

Pengobatan dini dan penggunaan alas kaki yang tepat dapat membantu untuk menghindari keausan yang tidak perlu dan nyeri sendi kaki.

  • Share
hit tracker