Layar HP Samsung Tidak Bisa Disentuh

Layar Hp Samsung Tidak Bisa Disentuh
Layar Hp Samsung Tidak Bisa Disentuh

Anda memiliki Hp Samsung dengan layar yang tidak bisa disentuh atau merespon dengan baik? Apakah touchscreen-nya tidak lagi responsif seperti dulu?

Jangan khawatir, ada beberapa tips yang dapat kami bagikan untuk membantu memperbaikinya. Ikuti cara-cara yang kami sebutkan di bawah ini dan semoga masalah layar sentuh Anda dapat teratasi.

Read More

Handphone kini telah menjadi sahabat dekat bagi banyak orang, menyediakan berbagai kegiatan dan kebutuhan mulai dari belajar, bekerja, hingga hiburan.

Namun, ketidakhadiran perawatan yang baik pada perangkat dapat mengakibatkan masalah seperti layar Samsung yang tidak bisa disentuh. Tapi, apa sebenarnya penyebab dari masalah tersebut?

Dalam artikel ini, LiputanTV akan mengulas tentang penyebab dari masalah layar HP Samsung yang tidak bisa disentuh dan bagaimana cara mengatasinya.

Mengetahui informasi ini dapat membantu para pengguna handphone agar lebih berhati-hati dan merawat perangkat mereka dengan baik. Sebab, perawatan yang baik adalah kunci dalam menjaga umur penggunaan handphone yang lebih lama.

Layar HP Samsung Tidak Bisa Disentuh: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Layar atau screen merupakan salah satu komponen krusial pada smartphone. Fungsinya adalah menampilkan sistem dan informasi yang diperlukan pengguna.

Dengan layar smartphone, pengguna dapat berinteraksi dengan aplikasi, sistem operasi, fitur, dan seluruh fungsi dari handphone.

Namun, jika terjadi masalah pada layar Samsung, kamu harus segera mencari tahu penyebabnya agar tidak mengganggu penggunaan perangkat.

Layar yang tidak responsif atau tidak berfungsi dengan baik dapat menghambat penggunaan handphone itu sendiri.

Sebelum mengganti handphone, sebaiknya kamu mencoba memperbaikinya terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah layar sentuh Samsung yang tidak merespon:

Restart Smartphone

Jika layar Samsung tidak merespon atau lambat, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merestart perangkat.

Caranya adalah dengan menekan tombol Volume Turun dan tombol Power secara bersamaan sampai logo Samsung muncul.

Kemudian biarkan smartphone merestart. Disarankan untuk melakukan reboot setiap minggu guna menjaga kinerja perangkat dan mencegah masalah pada layar tidak terulang.

Bersihkan Layar

Layar yang kotor dan berminyak bisa menjadi salah satu penyebab layar tidak responsif. Oleh karena itu, bersihkan layar menggunakan kain basah berbahan lembut. Usap perlahan hingga semua kotoran hilang.

Masuk ke Mode Aman (Safe Mode)

Aplikasi pihak ketiga dapat menjadi penyebab masalah layar sentuh dan mempengaruhi kinerja perangkat. Anda dapat mem-boot perangkat dalam Safe Mode untuk menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga dan hanya menggunakan aplikasi bawaan Samsung seperti Telepon dan Pesan.

Jika layar merespons dengan benar dalam Mode Aman, hapus aplikasi pihak ketiga yang baru diinstal dan perhatikan perangkat.

Lepaskan Pelindung Layar (Anti-gores)

Pastikan Anda menggunakan pelindung layar yang kompatibel dengan perangkat Samsung Anda. Penggunaan pelindung layar murah yang tidak sesuai dapat menyebabkan panas berlebih, layar tidak responsif, dan masalah lainnya.

Selalu gunakan pelindung layar yang kompatibel dan bermerek serta aksesori lainnya dari merek yang terpercaya.

Tes Layar dengan Test Mode

Untuk menguji layar apakah masih normal atau tidak, dapat dilakukan dengan Test Mode.

Caranya adalah:

  • Dial #0# dan memilih opsi Touch.
  • Kemudian, geser jari pada kotak-kotak yang ada di layar.
  • Jika tidak ada masalah dengan touchscreen, kotak akan berubah menjadi hijau.
  • Setelah selesai, restart HP untuk keluar dari Test Mode.

Gunakan Perintah Suara Bixby atau Google Assistant

Jika ponsel Samsung Anda mendukung Bixby, coba gunakan perintah suara untuk membuka layar. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan Google Assistant untuk mengoperasikan perangkat lewat perintah suara.

Reset Perangkat

Opsi terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan reset ke pengaturan pabrik. Dengan melakukan reset, secara otomatis semua pengaturan dan data pada ponsel akan dihapus. Berikut adalah cara untuk mereset ponsel Samsung:

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih Manajemen Umum
  • Pilih Reset dan kemudian tap Factory Data Reset
  • Tunggu sampai proses reset selesai
  • Jika layar tidak bisa disentuh, bisa dilakukan wipe data melalui recovery mode.

Wipe Data Melalui Recovery

Cara ini dapat membantu memperbaiki masalah pada layar Samsung yang tidak merespon. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan wipe data melalui recovery mode:

  • Tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan.
  • Tahan sejenak dan lepaskan ketika sudah tampil logo Samsung.
  • Setelah masuk ke recovery mode, pilih Wipe data.
  • Pilih Wipe all data.
  • Terakhir, pilih Reboot system now.

Pembaruan Perangkat Lunak

Seringkali, touchscreen tidak merespon terkait dengan kesalahan perangkat keras. Namun, seratus kemungkinan perangkat lunak mungkin terlibat dalam masalah lagging dan hang.

Untuk mengatasi hal itu, menjaga perangkat tetap mutakhir sangat diperlukan. Selalu aktifkan mode Pembaruan Otomatis, sehingga setiap kali pembaruan baru dirilis oleh Samsung, perangkat dapat memperbarui otomatis dan masalah semacam ini kemungkinan tidak akan terjadi lagi.

Sesuaikan Sensitivitas Sentuh

Jika layar masih berfungsi dan hanya respons yang lambat, bisa diatur sensitivitas sentuhan yang ada di menu pengaturan.

Caranya adalah dengan pergi ke aplikasi Pengaturan, kemudian tap Tampilan, dan aktifkan Sensitivitas Sentuh.

Bawa ke Service Center Samsung

Jika masalah layar juga belum berhasil diperbaiki, jalan terakhir adalah dengan mengunjungi Service Center Samsung.

Jika itu memang kerusakan pada LCD, mungkin mendapatkan penggantian perangkat atau biaya servis gratis jika masih dalam masa garansi.

Demikianlah beberapa cara mengatasi layar HP Samsung tidak bisa disentuh dan dimatikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *