Langkah Mencegah Masalah Rambut Bercabang

  • Share
Mencegah Rambut Bercabang Tanpa Memotongnya
Mencegah Rambut Bercabang Tanpa Memotongnya

Sering mengalami masalah rambut bercabang? Wah, kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa rambut Anda tidak terawat tuh.

Dalam kamus ilmiah, rambut bercabang disebut dengan Trichoptilosis, kondisi dimana ujung rambut terbelah menjadi dua.

Tidak semua orang memiliki masalah rambut bercabang dengan tingkat keparahan yang sama. Bila dibandingkan, masalah ini lebih banyak diderita oleh wanita daripada pria.

Mengatasi Masalah Rambut Bercabang Tanpa Memotongnya

Banyak pemicu yang membuat masalah ini timbul, diantara lain karena pemakaian produk perawatan atau alat tata rambut yang tidak cocok.

Rambut yang terlampau kering juga bisa dikatakan sebagai penyebab dari masalah rambut bercabang. Berikut ini adalah empat langkah untuk mencegah serta mengatasi rambut bercabang.

Merapikan ujung rambut dengan teratur

Rambut bercabang biasanya terlihat di ujung-ujung rambut. Inilah alasan mengapa Anda harus merapikan ujung rambut.

Anda perlu memotong ujung rambut dengan rata paling tidak sekali dalam satu bulan. Cara yang satu ini terbilang ampuh untuk mencegah dan mengatasi masalah rambut bercabang lho.

Jangan memakai alat pemanas dan produk kimia

Kebanyakan dari kita mungkin sering menggunakan alat pemanas untuk sekedar membuat rambut terlihat lebih rapi dan berbentuk.

Begitu pula dengan penggunaan produk berbahan kimia, seperti pewarna rambut untuk sekedar membuat penampilan Anda lebih menarik.

Tau gak sih?

Ternyata alat pemanas dan produk kimia hanya akan membuat Anda rusak, kusam dan kering. Pada akhirnya Anda akan menemui masalah rambut bercabang. Cobalah untuk menghindari atau meminimalisir penggunaan kedua alat tata rambut ini.

Perawatan untuk masalah rambut bercabang

Sesaat sebelum tidur, ada baiknya untuk mengoleskan minyak esensial di ujung-ujung rambut Anda. Ini adalah cara untuk membuat rambut Anda tetap lembab dan berkilau serta tidak mudah rusak meskipun bergesekan dengan permukaan bantal yang kasar.

Banyak sekali pilihan minyak esensial yang baik untuk rambut, diantaranya adalah kemiri, urang-aring, dan minyak zaitun. Boleh juga tuh ditambahkan sedikit minyak aromatherapy beraroma lavender, jeruk, atau yang lainnya.

Perhatikan cara menyisir Anda

Wah, ternyata cara menyisir juga ada hubungannya dengan solusi masalah rambut bercabang Anda. Pakailah sisir dengan gigi yang jarang karena tekanan yang diberikan pada rambut tidak akan begitu kuat.

Sisir rambut Anda dengan gerakan yang lembut dan tidak terburu-buru untuk menghindaria rambut Anda rusak dan rontok.

Empat cara diatas harus Anda lakukan jika ingin segera jauh-jauh dari masalah rambut bercabang. Jalani pula dengan makan makanan yang sehat dan bergizi, serta minum air putih yang cukup.

Rambut Anda juga perlu nutrisi dan hidrasi yang sempurna lho untuk selalu terlihat sehat dan berkilau. Jadi tidak hanya perawatan dari luar, namun perawatan dari dalam juga perlu diutamakan.

Selamat mencoba!

  • Share
hit tracker