Cara Membuat Kartu Kredit Yang Paling Mudah

  • Share
Cara Membuat Kartu Kredit Yang Paling Mudah
Cara Membuat Kartu Kredit Yang Paling Mudah

Di zaman sekarang ini, ada banyak cara untuk membuat kartu kredit. Alih-alih pergi ke bank, Anda dapat mengajukan permohonan kartu kredit secara online.

Ini dapat dilakukan secara langsung melalui situs web bank penyedia kartu kredit atau melalui situs web pihak ketiga yang biasanya menawarkan penawaran tambahan.

Bahkan bagi sebagian orang, mereka tidak perlu menggali informasi dan membuat permintaan sendiri, tetapi mereka sudah ditawari kartu kredit melalui telepon.

Dalam kehidupan modern, kartu kredit telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Berapapun penghasilan yang kita miliki, akan ada saatnya kita membutuhkan dana darurat atau pengeluaran yang tidak terduga.

Tentu saja di saat seperti ini cukup membingungkan jika kita tidak memiliki dana cadangan. Meminjam uang di sana-sini juga bukan pilihan yang mudah.

Oleh karena itu, kartu kredit sangat berguna untuk membantu perencanaan keuangan. Dengan kartu kredit, Anda tidak perlu khawatir harus mencarinya di mana saat ada pengeluaran tak terduga.

Nah, untuk itu, yuk kita pelajari cara membuat kartu kredit yang mudah agar pengajuan kamu bisa disetujui oleh pihak bank.

5 Langkah Buat Kartu Kredit Yang Paling Mudah

Perhatikan Persyaratan yang Dibutuhkan

Membuat Kartu Kredit Yang Mudah
Membuat Kartu Kredit Yang Mudah

Nah bagaimana agar kartu kredit Anda lancar, perhatikan dulu syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan kartu kredit.

Untuk dapat memiliki kartu kredit, umumnya Anda harus berusia minimal 21 tahun. Selain usia, bank biasanya juga memiliki persyaratan pendapatan minimal bulanan untuk mengajukan kartu kredit.

Dalam hal ini, setiap bank mungkin memiliki persyaratan pendapatan minimum yang berbeda, tergantung pada jenis kartu kredit yang ditawarkan.

Setelah kedua syarat tersebut terpenuhi, cara membuat kartu kredit selanjutnya adalah dengan menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan kartu kredit.

Bagi pengusaha, selain KTP dan NPWP, bank biasanya meminta fotokopi rekening tabungan beberapa bulan terakhir dan fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP.

Sedangkan untuk profesional, bank membutuhkan dokumen yang hampir sama dengan karyawan serta salinan izin profesi.

Dengan adanya persyaratan tersebut, langkah selanjutnya dalam membuat kartu kredit adalah mengetahui cara mengajukan kartu kredit. Ini biasanya dapat disampaikan melalui situs web atau langsung ke bank.

Memiliki Riwayat Keuangan yang Baik

Tips penting kedua yang harus diperhatikan tentang cara membuat kartu kredit adalah memastikan Anda memiliki catatan keuangan yang baik.

Bahkan jika Anda tidak pernah memiliki kartu kredit, Anda mungkin telah mengajukan pinjaman dalam bentuk lain.

Bank hanya dapat memeriksa riwayat pinjaman. Jika Anda diinstruksikan untuk menjadi individu yang tidak dapat berjanji untuk membayar tagihan atau cicilan, bank tidak mungkin menerima aplikasi kartu kredit Anda.

Riwayat keuangan masa lalu menjadi salah satu pertimbangan utama bagi bank untuk menyetujui dan menolak pembuatan kartu kredit. Oleh karena itu, sebelum mengajukan kartu kredit, pastikan Anda tidak memiliki tagihan yang terutang.

Isi Formulir dengan Jujur

Cara membuat kartu kredit selanjutnya adalah dengan mengisi formulir dengan jujur. Setelah mengajukan kartu kredit, bank biasanya menyediakan formulir dengan detail pribadi.

Silakan isi formulir sesuai dengan situasi sebenarnya. Hal ini karena biasanya setelah Anda menyelesaikan proses aplikasi, bank akan mencoba menghubungi Anda untuk memverifikasi validitas data yang dimasukkan dalam formulir pendaftaran.

Jika Anda tidak hati-hati saat mengisi formulir, bank kemungkinan akan menemukan kejanggalan selama proses verifikasi, yang mengakibatkan aplikasi kartu kredit Anda ditolak.

Selain mengisi formulir dengan cermat, Anda harus membaca semua perjanjian dengan cermat saat mengisi formulir.

Dalam proses pembuatan kartu kredit, perjanjian yang Anda tanda tangani menjadi dasar interaksi Anda dengan penyedia layanan kartu kredit.

Jangan sampai Anda menemukan kesepakatan yang memberatkan setelah menandatangani formulir. Karena setelah Anda menandatangani formulir dan menyerahkannya ke bank, baik Anda membacanya atau tidak, Anda dianggap menyetujui semua kebijakan dan persyaratan yang diajukan oleh bank.

Tunggu Panggilan Bank untuk Verifikasi

Langkah selanjutnya dalam cara membuat kartu kredit gampang adalah menunggu pihak bank memverifikasi aplikasi kartu kredit Anda.

Penting untuk dicatat bahwa saat menjawab panggilan, pastikan nomor yang Anda panggil terhubung dengan bank terkait. Berhati-hatilah jika Anda menerima telepon dari nomor pribadi yang mengaku dari bank.

Karena di zaman sekarang ini, model penipuan semakin canggih meniru seseorang untuk memanfaatkan kelemahan Anda. Jangan sampai data sensitif Anda jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain verifikasi data, langkah selanjutnya dalam pembuatan kartu kredit ini, pihak bank biasanya akan menanyakan kemana kartu kredit Anda akan dikirim jika permohonan disetujui.

Pastikan untuk mengirim kartu kredit Anda ke alamat yang aman di mana Anda dapat menerimanya.

Aktifkan Kartu Kredit Anda

Ketika kartu kredit sampai kepada Anda, biasanya tidak langsung dapat digunakan. Cara membuat kartu kredit selanjutnya biasanya Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan kartu kredit Anda.

Setiap bank dapat memiliki cara yang berbeda untuk mengaktifkan kartu kredit mereka. Namun secara umum, pengaktifan kartu kredit biasanya dilakukan melalui SMS atau dengan mengunjungi beberapa link yang disediakan oleh pihak bank. Pastikan untuk mengakses alamat yang benar saat mengaktifkan kartu kredit Anda.

Cara membuat kartu kredit di atas adalah gambaran besar proses pengajuan kartu kredit dari awal sampai akhir. Jangan lupa untuk mengatur kata sandi untuk kartu kredit Anda untuk memastikan penggunaan kartu Anda dengan aman.

Setelah Anda mengetahui cara membuat kartu kredit, pastikan Anda menggunakannya dan peruntukannya. Berhati-hatilah saat bertransaksi online dengan kartu kredit.

Jangan menyimpan data kartu kredit Anda sembarangan di toko online manapun untuk menghindari kemungkinan pencurian data.

Semoga bermanfaat.

  • Share
hit tracker