Perlukah Memelihara Hewan Di Rumah?

Rumah adalah tempat berkumpul keluarga kita, anak-anak, suami, bahkan kadanga ada anggota keluarga yang lain. Rumah adalah tempat ternyaman setelah kita seharian melakukan kegiatan sehari-hari, rumah juga tempat kita beraktivitas. Hampir semua kegiatan sebelum kita beraktivitas dilakukan di rumah .

Hewan Peliharaan dalam rumah bagi sebagian orang sangat perlu, entah sebagai pelengkap suasana rumah atau juga sebagai kepuasan Hobi yang punya rumah. Ada juga karena alasan keamanan di rumah. Hewan yang dipelihara pada umumnya ada banyak, antara lain: anjing, kucing, ayam, burung, hamster, kelinci, monyet dan ikan. Ada juga hewan yang rada unik yang dipelihara orang di rumah, misalnya: iguana,ular, anak singa, orang utan, bahkan buaya.

Apapun yang kita pelihara semua itu tergantung juga dari kondisi rumah yang kita tempati. Yang paling banyak dipelihara orang kebanyakan Anjing dan Kucing. Anjing biasanya selain di pelihara untuk keindahan, difungsikan juga sebagai penjaga rumah, apalagi rumah yang berada di lingkungan tidak aman, atau jauh dari keramaian. Kucing karena sifatnya yang manja, membuat sang pemilik jadi punya tempat untuk mengelus-elus hehehe..

Kadang bagi pemelihara hewan yang unik, biasanya mereka mempunyai kepuasan tersendiri memelihara hewan-hewan tersebut. Mulai dari tingkat kesulitan memelihara hewan itu, menyediakan bahan makanannya dan mengurus si hewan. Karena biasanya perlu dana yang lebih bagi pemeliharaan hewan-hewan unik tersebut, maka yang memelihara hewan-hewan itu adalah orang-orang yang berada di tingkat ekonomi yang serba ada.

Sebaiknya memelihara hewan apapun jenisnya di rumah, harus diperhatikan interaksinya dengan orang rumah juga. Jangan sampai malah melukai anak-anak. Bagi hewan yang berbahaya, bagusnya dikerangkeng atau dikasih kandang yang besar, dan benar-benar aman bagi orang sekitar. Tidak lupa perawatan kesehatan bagi si hewan itu. Misalnya anjing, sering di vaksin rabies agar tidak terkena penyakit anjing gila.

Selain membawa seni tersendiri dalam memelihara hewan di rumah, memelihara hewan juga membawa suasana tersendiri di rumah. Misalnya burung, rumah terasa ramai karena suara-suara yang dikeluarkan burung itu; Ayam, pagi akan terasa begitu alami dengan kukuruyuknya; Anjing, seru melihat mereka menyambut ketika tiba di rumah.

Memelihara hewan di rumah juga harus memperhatikan pengaruhnya di lingkungan sekitar, misalnya tetangga. Perlu dipertimbangkan, karena akan membawa masalah jika tetangga datang ke rumah untuk meyatakan keberatan mereka tentang hewan peliharaan di rumah. Perhatikan setiap aspek di lingkungan tempat kita memelihara hewan.

Perlu juga diperhatikan keselamatan hewan itu sendiri dipelihara dalam rumah. Jangan sampai anak-anak terlalu banyak bermain dengan hewan tersebut dan mengakibatkan hewan itu mati ataupun terluka. Semua kembali dari kesiapan kita juga, apakah kita sudah bisa dan mampu memelihara hewan di rumah kita?

Leave a Reply

Your email address will not be published.