Mic Eksternal Untuk Youtuber dan Rekomendasi Merk

  • Share
Mic Eksternal Untuk Youtuber Dan Rekomendasi Merk
Mic Eksternal Untuk Youtuber Dan Rekomendasi Merk (Gambar: Pixabay)

YouTube adalah platform media sosial berbasis video namun hal Itu bukan berarti kamu harus mengabaikan kualitas audionya begitu saja. Lebih jauh dari itu, kualitas audio Anda adalah salah satu faktor yang penting pada kinerja konten pada channel youtube Anda.

Jadi, apa jenis mic eksternal untuk youtuber? Hal tersebut akan Kita bahas kali ini. Sehingga Anda dapat lebih mudah dalam memutuskan pilihan Anda.

Apakah Anda Dapat Menggunakan Microphone Pada Kamera Atau Laptop Untuk Membuat Konten Youtube?

Mungkin Anda sudah bisa menjawab pertanyaan tersebut. Anda sebenarnya bisa menggunakan perangkat apapun yang Anda punya. Namun, ada beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan sebelumnya.

Baiklah ambil kamera atau laptop Anda buatlah konten dengan peralatan yang ada. Anda akan segera mempelajari prosesnya. Catatlah bagaimana semuanya terlihat dan terdengar. Cari tahu di bagian mana Anda menemukan kekurangan dan dapat dengan segera melakukan perbaikan. Jika Anda menggunakan microphone built-in, maka audio adalah salah satu hal yang mungkin harus Anda tingkatkan.

Lalu, Jenis Konten Apa Yang Anda Buat Pada Youtube Channel?

cara membuat video kreatif sendiri
Gambar via flickr.com

Sebelum memutuskan microphone terbaik untuk video youtube, kita perlu memutuskan untuk apa fungsi mikrofon itu sebenarnya. Ada berbagai jenis video YouTube di luar sana. Pertanyaannya, Apa jenis konten yang Anda buat?

Apakah Anda akan melakukan tatap muka langsung dengan kamera? Berinteraksi dengan penonton, atau berbicara dengan tamu atau co-host yang berada di ruangan yang sama dengan Anda.

Apakah membuat konten perjalanan Anda pada saat bepergian? Atau Anda menampilkan bakat menyanyi Anda dengan membuat konten cover lagu ataukah menyiarkan lagu yang Anda buat sendiri? Pada intinya, tiap mikrofon yang Anda pilih harus disuaikan dengan jenis konten yang Anda buat.

Rekomendasi Mic Eksternal untuk Youtube

  1. Rode VideoMicro
  2. Takstar SGC-598
  3. Taffware BM-800
  4. Boya by-GM 10
  5. Takstar TCM-370

Ulasan singkat rekomendasi Mic Eksternal untuk Youtuber

Rode VideoMicro

VideoMicro adalah mikrofon compact yang didesain khusus untuk lebih meningkatkan kualitas audio dan video Anda. Anda dapat menggunakannya untuk menghasilkan audio berkualitas tinggi. Mikrofon ini dapat digunakan dengan berbagai macam kamera digital.

Microphone ini juga memberikan suara yang lebih alami saat merekam di dalam ruangan. Dengan desain yang compact, Anda tidak lagi memerlukan baterai tambahan untuk mengoperasikan microphone eksternal ini. Dengan menggunakan microphone ini Anda dapat menghasilkan video dengan audio yang luar biasa untuk konten video Anda.

Takstar SGC-598

Ukurannya yang ringkas membuatnya mudah untuk digunakan dan dipasang pada kamera dengan mudah. Baterai AA 1,5V yang disematkan pada microphone Takstar SGC-598 sanggup merekam hingga 100 jam. Keseimbangan midrange yang baik dan jangkauan dinamyc bass yang powerfull untuk mikrofon dengan harga yang cukup murah.

Untuk pengambilan video di luar luar ruangan, tempat yang berangin seperti pantai, kegiatan traveling Anda atau kegiatan diluar lainnya, Takstar SGC-598 memiliki kinerja yang sangat baik. Karena Takstar SGC-598 dilengkapi desain shockproof sehingga bisa menghalau getaran atau noise pada suara yang dihasilkan.

Taffware BM-800

BM800 adalah microfon berjenis Condenser. Dengan harga yang cukup murah BM-800 memiliki kualitas yang cukup baik. BM800 ini cocok digunakan untuk kebutuhan recording seperti conten creator dengan konten music, menyanyi covel lagu, atau bahkan untuk recording professional seperti pembuatan lagu. Microphone ini menggunakan jack 3,5mm, yang dapat disambungkan langsung ke smartphone.

Walaupun BM-800 adalah mic berjenis condenser Anda tetap data menggunakannya tanpa harus menggunakan power tambahan. Suara yang dihasilkan cukup bersih walaupun tetap terdengar sedikit noise. Dengan menghubungkan pada audio interface akan membuat audio yang dihasilkan BM800 terdengar lebih jernih.

Boya by-GM 10

Mikrofon Lavalier (clip on) Boya by-GM10 adalah mic yang ideal untuk kamera GoPro. Mikrofon Lavalier ini memiliki deaain yang ringkas dan ringan. Sangat cocok digunakan untuk kamera aksi seperti GoPro HERO4, hero3 +, dan hero3.

Dapat terhubung langsung ke port MiniUSB dan sangat ideal untuk melakukan videografi yang membutuhkan kualitas suara yang lebih baik seperti wawancara. Boya by-GM10 adalah pendamping yang ideal untuk digunakan dengan kamera GoPro. Bagi Anda pengguna kamera aksi dapat mempertimbangkan menggunakan mic ini. Sehingga kualitas video yang Anda rekam akan lebih sempurna.

Takstar TCM-370

Microphone Takstar TCM-370 juga termasuk mic lavalier. Dibekali dengan port input 3.5mm, sehingga microphone Takstar TCM-370 bisa Anda gunakan hampir pada bermacam perangkat yang Anda miliki, mulai dari pc, laptop hingga smartphone. Kualitas suara yang dihasilkan cukup jernih. Anda dapat menggunakan mic ini pada rekaman video Anda. Kualitasnya tidak kalah dengan mic jenis lavalier yang mahal.

Demikianlah ulasan singkat rekomendasi mic eksternal untuk youtuber. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda dapat lebih mudah untuk menentukan jenis mic yang cocok untuk kegiatan vlogging Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

hit tracker