Passive Income dari Aset Kripto

Aset kripto bisa memberikan keuntungan bukan hanya dari kenaikan harga, tapi juga dari passive income.

Kita akan bahas 8 cara untuk mendapatkan passive income dari aset kripto.

Staking

Proof-of-Stake (PoS) adalah cara untuk membuat transaksi di blockchain yang dilakukan oleh beberapa orang. Ada cara untuk mendapatkan passive income dengan menggunakan PoS, yaitu dengan staking.

Beberapa contoh blockchain yang menggunakan PoS adalah Ethereum, Cosmos Hub, Tezos, dan Cardano. Kita bisa staking token dari mata uang digital tersebut untuk mendapatkan reward.

Semakin banyak token yang kita staking, semakin besar pula reward yang didapat. Namun, jika harga token turun, maka reward yang didapat juga akan turun.

Selain mendapatkan reward, dengan staking kita juga ikut mengamankan proyek blockchain.

Yield Farming

Yield farming adalah cara untuk mendapatkan passive income dengan menyediakan likuiditas di decentralized exchange (DEX). Ini berbeda dengan centralized exchange (CEX) yang menggunakan order-book.

DEX menggunakan Liquidity Pool (LP) untuk menyediakan likuiditas ke trader. Kita bisa menjadi penyedia likuiditas dengan mengunci token di pool protocol.

Kita akan dapat persentase dari biaya yang dikenakan sebagai imbalan. Reward bervariasi tergantung pada jumlah yang dikunci dan token yang digunakan.

Namun, yield farming memiliki resiko tinggi seperti volatilitas harga dan rug-pull, serta ada risiko impermanent loss.

Cloud Mining

Dalam penambangan kripto, para penambang membuat koin baru, mengonfirmasi transaksi dan menambahkannya ke blockchain.

Mereka akan dapat imbalan karena menyediakan daya komputasi. Namun, saat banyak orang menambang, menambang menjadi lebih sulit dan menghabiskan lebih banyak energi. Cloud mining adalah cara untuk mengatasi masalah ini.

Di sini, perusahaan menyediakan daya komputasi untuk para penambang dan penambang tidak perlu beli peralatan sendiri.

Cloud mining juga mengurangi biaya untuk meningkatkan peralatan secara terus-menerus. Dalam cloud mining, komputasi, penyimpanan data, server, dan pemrosesan dilakukan melalui internet.

Jenis standar cloud mining adalah host mining, di mana penambang menyewakan peralatannya kepada orang lain dan pelanggan memiliki akses langsung ke imbalan mereka. Karena sistem ini, hambatan masuk utama dalam penambangan dapat dihindari.

Crypto Interest Accounts

Menyimpan aset kripto di tabungan dan mendapatkan bunga adalah cara untuk mendapatkan passive income dari aset kripto.

Kita bisa membuat rekening tabungan untuk mata uang kripto seperti rekening tabungan biasa. Ini adalah strategi yang baik jika kita ingin menyimpan aset kita dalam jangka panjang.

Tingkat bunga yang ditawarkan sering lebih tinggi daripada rekening tabungan biasa untuk menarik lebih banyak orang.

Presentase Hasil Tahunan (APY) akan berbeda tergantung apakah kita memilih jangka waktu yang tetap atau fleksibel. Hasil dalam bentuk mata uang kripto.

Karena harga kripto bisa berubah-ubah, nilai tabungan bisa menurun atau naik selama jangka waktu penguncian, yang akan mempengaruhi APY.

Oleh karena itu, kita bisa mempertimbangkan menyimpan stablecoin seperti USDT dan USDC untuk mendapatkan APY yang stabil.

Saat membuat rekening tabungan kripto, kita harus memperhatikan cara withdrawal. Ada dua pilihan yaitu jangka waktu tetap dan fleksibel.

Jangka waktu tetap memerlukan kita mengunci dana dalam jangka waktu tertentu untuk mendapatkan bunga yang lebih tinggi, tetapi kita tidak bisa menarik dana sampai jangka waktu selesai.

Sementara itu, jangka waktu fleksibel memungkinkan kita menarik dana dan bunga kapan saja, tetapi biasanya dengan bunga yang lebih rendah.

Crypto Lending

Menurut Pintu Academy, crypto lending adalah cara untuk meminjam atau memberikan pinjaman aset kripto.

Ini memungkinkan seseorang untuk mendapatkan bunga dari aset yang dipinjamkan dan memungkinkan peminjam untuk mendapatkan aset kripto untuk digunakan.

Crypto lending menjadi populer pada awal 2020 karena tingkat bunga di bank konvensional rendah. Investor yang membuka akun dan menyimpan aset kripto akan mendapatkan bunga yang sama seperti aset yang disimpan.

Sistem perubahan kurs akan berbeda-beda tergantung pada jenis akun dan platform yang digunakan. Ada akun dengan kurs yang berubah setiap hari, tetapi ada juga yang seperti deposito berjangka (kurs tetap selama periode penguncian uang).

Dividend-Earning Tokens

Dividen adalah bagian dari keuntungan perusahaan yang dibayarkan kepada pemegang saham. Ini adalah hadiah untuk mendukung pertumbuhan bisnis.

Beberapa perusahaan membayar dividen dalam bentuk uang tunai atau saham. Proyek kripto juga bekerja dengan cara yang sama, dengan pengguna membeli token asli.

Token ini memiliki banyak fungsi, termasuk memberikan rewards kepada pemegang saham atas dukungan mereka.

Banyak proyek kripto menjanjikan passive income kepada para pendukungnya dengan cara membeli token pada tahap awal proyek.

Ini memberikan dana yang dibutuhkan untuk pengembangan bisnis dan pendukung bisa menjual token dengan harga yang lebih tinggi di kemudian hari.

Beberapa proyek kripto membagikan persentase pendapatan mereka dengan pemegang token. Ini berarti jika kita sebagai investor memegang token tersebut, kita akan menerima bagian dari pendapatan proyek berdasarkan jumlah token yang kita miliki.

Contohnya, KuCoin Shares (KCS) memberikan pemegangnya bagian dari biaya transaksi harian di KuCoin.

Jika token perusahaan bekerja dengan baik, ini merupakan cara pendapatan yang stabil dan tidak memerlukan pengetahuan teknis atau risiko yang tinggi.

Forks & Airdrops

Cara lain untuk mendapatkan passive income dari aset kripto adalah dengan mengikuti program forks dan airdrop.

Forks adalah ketika suatu blockchain memisahkan diri menjadi dua atau lebih, dan pengguna yang memegang token asli akan menerima jumlah yang sama dari token baru.

Airdrop adalah ketika proyek kripto menyebar token gratis ke pengguna yang memenuhi kriteria tertentu. Kedua strategi ini dapat memberikan kita pendapatan passive tanpa harus melakukan banyak keterlibatan.

Fork Crypto adalah ketika sebuah mata uang kripto bercabang menjadi dua atau lebih mata uang kripto yang berbeda.

Misalnya, ketika Ethereum bercabang, para pemegang Ethereum akan menerima jumlah token baru yang sama dengan jumlah Ethereum yang mereka miliki sebelumnya. Ini berarti, mereka menerima token gratis tanpa harus mengeluarkan uang.

Program Afiliasi

Program afiliasi adalah cara proyek crypto untuk menjaring pengguna baru dengan memberikan hadiah crypto kepada orang yang merujuk teman-temannya untuk bergabung.

Cara ini cocok untuk orang yang memiliki blog aktif atau banyak pengikut di media sosial. Program ini membutuhkan banyak pengikut tapi merupakan cara termudah, berisiko rendah dan berkelanjutan untuk menghasilkan passive income dari aset kripto.


Leave a Comment