Tips Mencegah Pencurian Data Ponsel Android

  • Share
Pencurian Data Ponsel Android

Ponsel Android atau yang biasa disebut sebagai telepon genggam merupakan barang berharga yang harus diperhatikan dengan seksama dalam hal keamanannya.

Panggilan yang berharga, karena bukan soal harga ponsel tapi soal data pribadi yang tersimpan di dalamnya. Banyaknya kasus pencurian data ponsel android membuat kita harus lebih waspada dan mencari tahu cara pencegahannya.

Tips dan Trik Tutorial Mencegah Pencurian Data Ponsel Android

Aplikasi yang diunduh pengguna adalah sumber pencurian data dari ponsel pribadi. Menurut penelitian, sekitar 1000 lebih aplikasi melanggar aturan dan terbukti mencuri data pribadi mereka secara rahasia. Nah, sebelum mengalami hal serupa, ada baiknya Anda memperhatikan tips berikut ini.

Pastikan Mode Hilang dan Pengelola Perangkat Android dihidupkan

Anda dapat menggunakan mode loss ini dan pengelola pembagian android untuk mencegah pencurian data di ponsel Android Anda. Anda dapat mengamankan ponsel Anda dari jarak jauh dan mencegah pencuri mengakses informasi pribadi Anda dengan mengaktifkan mode hilang. Jika ponsel Anda dicuri oleh orang lain, Anda dapat melakukan ini.

Demikian pula, Anda dapat mengetahui di mana ponsel Anda yang hilang dengan mengaktifkan pengelola perangkat android. Namun, jika aplikasi yang Anda unduh bertanggung jawab atas pencurian data ponsel Anda, saran berikut mungkin berguna.

Perhatikan Izin Aplikasi Setiap Saat

Sebaiknya baca izin aplikasi sebelum mengunduhnya. Pencurian data oleh program jahat dapat dihindari jika Anda memperhatikan izin aplikasi. Jika Anda mengalami masalah saat mengunduh aplikasi, berhati-hatilah. Sebaiknya hapus aplikasi dan cari sesuatu yang sebanding.

Namun, jika Anda benar-benar membutuhkan apk, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu. Anda dapat mencari informasi tentang aplikasi dan perusahaan yang membuatnya menggunakan mesin pencari Google. Anda akan dapat mengetahui apakah apk tersebut dapat dipercaya dan tidak pernah dikaitkan dengan pencurian data atau penipuan dengan cara ini.

Hanya mengunduh aplikasi dari Google Playstore atau AppStore

Hindari mengunduh apk dari situs web; sebaliknya, jika Anda menemukan aplikasi yang ingin Anda unduh di sebuah situs web, keluarlah dari situs web tersebut terlebih dahulu. Kemudian buka Google Play Store atau App Store, cari aplikasinya, lalu unduh apk dari sana.

Meskipun tidak semua aplikasi yang tersedia dapat dipercaya sepenuhnya, mereka masih bisa lebih baik. Sebab, menurut Stephen Hart, kualitas dan standar aplikasi yang tersedia di platform akan diperiksa. Hal ini untuk memastikan bahwa kebijakan khusus untuk melindungi data konsumen diterapkan.

Selain itu, mengunduh apk dari situs web membuat perangkat seluler Anda berisiko terinfeksi virus, ransomware, malware, spyware, atau bahkan peretas yang dapat mencuri data ponsel Android Anda.

Selalu Perbarui Perangkat Lunak Anda

Ini diperlukan untuk menjaga keamanan data seluler Anda. Dengan memperbarui perangkat lunak Anda secara teratur, Anda dapat selangkah lebih maju dari segala upaya peretas untuk mencuri informasi pribadi Anda. Anda dapat mengubah pengaturan perangkat seluler Anda ke pembaruan otomatis jika perlu.

Berhati-hatilah Menggunakan Wi-Fi Umum

Jika Anda sering menggunakan wifi gratis di tempat umum saat sedang tidak di rumah, ada satu hal yang harus Anda waspadai. Karena ponsel Anda dapat dilacak oleh pengguna wifi di jaringan yang sama dengan Anda, sebaiknya hindari transaksi atau komunikasi penting apa pun. Itulah sebabnya mengapa pencurian data ponsel Android sering terjadi tanpa sepengetahuan kamu.

Jadi, ada lima langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk menghindari pencurian data ponsel android. Tetap waspada dan hati-hati kemanapun Anda pergi.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

hit tracker