Penyebab Battery Health Iphone Menurun

Battery Health Iphone Menurun

Kesehatan baterai (battery health) merupakan fitur penting pada iPhone yang menunjukkan kondisi baterai. Penurunan angka battery health bisa membuat kecewa banyak pengguna iPhone.

Namun, sebelum panik, penting untuk pahami terlebih dahulu penyebab utama yang membuat battery health iPhone turun. Dengan memahami akar permasalahan, Anda bisa mencegah atau memperlambat penurunan kondisi baterai iPhone.

Read More

Faktor Utama Penyebab Penurunan Battery Health

Ada beberapa faktor kunci yang menjadi penyebab utama penurunan battery health pada iPhone:

Pemakaian yang Berlebihan

Salah satu penyebab paling umum adalah pemakaian berlebihan pada iPhone. Semakin sering dan lama Anda menggunakan iPhone setiap harinya, semakin cepat baterai akan menurun kondisinya.

Beberapa hal yang dapat membuat pemakaian iPhone berlebihan antara lain:

  • Terlalu sering menggunakan fitur yang menguras daya baterai seperti kamera, GPS, dan mobile data.
  • Terlalu banyak membuka aplikasi yang berat seperti game dan video.
  • Menonton video atau streaming dalam waktu lama.
  • Mengaktifkan layar terlalu terang.

Jadi usahakan gunakan fitur yang boros daya baterai seperlunya saja. Tutup aplikasi yang tidak digunakan. Kurangi menonton video dalam waktu lama di iPhone.

Pengisian Daya Berlebihan

Melakukan pengisian ulang daya berkali-kali dalam sehari, terutama dari 0% ke 100% dapat berdampak buruk pada kesehatan baterai iPhone.

Hal ini disebabkan proses pengisian cepat dapat meningkatkan suhu baterai hingga tingkat yang dapat merusak sel-sel baterai.

Sebaiknya hindari mengisi daya dari 0% ke 100% terlalu sering. Usahakan mengisi daya ketika sudah mencapai sekitar 30% sampai 80% saja agar lebih aman untuk kondisi baterai.

Penyimpanan yang Salah

Cara menyimpan iPhone yang salah juga bisa mempercepat penurunan kondisi baterai.

Beberapa kesalahan yang harus dihindari antara lain:

  • Menyimpan iPhone pada suhu terlalu panas atau dingin ekstrem. Suhu ideal adalah 22°C sampai 25°C.
  • Menyimpan iPhone dalam keadaan terlalu lembab yang dapat merusak komponen internal.
  • Menyimpan iPhone dalam jangka waktu lama dalam kondisi baterai terkuras habis.

Pastikan kondisi penyimpanan iPhone dalam suhu dan kelembaban ideal agar baterai awet dalam kondisi prima.

Update iOS yang Menurunkan Kinerja

Beberapa update iOS diketahui dapat mempengaruhi kinerja dan daya tahan baterai iPhone, sehingga berdampak pada penurunan angka battery health.

Hal ini pernah terjadi pada update iOS 10.2.1 dan iOS 11.2 yang sempat menurunkan performa iPhone dengan alasan manajemen baterai.

Meski Apple telah memperbaiki masalah ini di update berikutnya, tetap perlu berhati-hati mengupdate iOS ke versi terbaru yang belum terbukti stabil.

Pertimbangkan untuk menunda update iOS jika meragukan dampaknya terhadap performa dan daya tahan baterai iPhone.

Baterai yang Telah Menua

Wajar jika seiring berjalannya waktu, kondisi baterai iPhone akan semakin menurun kapasitas dan performanya akibat pemakaian berulang dan proses alami penuaan komponen.

Umur pakai baterai litium-ion pada iPhone bisa bertahan paling lama selama 2-3 tahun dengan pemakaian normal sebelum mengalami penurunan kapasitas yang signifikan.

Jika iPhone Anda sudah berusia lebih dari 3 tahun, penurunan battery health bisa jadi karena memang baterai yang sudah menua.

Cara Memperlambat Penurunan Battery Health iPhone

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memperlambat proses penurunan battery health iPhone:

Hindari Pengisian Berlebihan

Jangan terlalu sering mengisi daya baterai dari 0% ke 100%. Cukup isi ulang ketika baterai mencapai 30% sampai 80% saja.

Hal ini bisa memperpanjang usia pakai baterai iPhone.

Nonaktifkan Fitur Kurang Penting

Matikan fitur yang kurang penting seperti background app refresh, automatic downloads, dan visual effects untuk mengurangi penggunaan daya baterai per cuma-cuma.

Perbarui ke iOS Terbaru

Selalu lakukan update ke iOS versi terbaru untuk mendapatkan patch dan perbaikan terkini terkait optimasi baterai oleh Apple.

Kalibrasi Ulang Baterai

Lakukan kalibrasi ulang baterai secara berkala dengan cara menguras habis baterai hingga 0%, lalu isi daya hingga 100%. Cara ini bisa menyinkronkan kembali data baterai.

Gunakan Accessories Pendukung

Gunakan case pelindung, screen protector, dan tempat pengisian daya yang berkualitas untuk melindungi iPhone dan baterai dari kerusakan akibat benturan.

Kapan Harus Mengganti Baterai iPhone?

Beberapa indikasi yang menunjukkan saatnya harus mengganti baterai iPhone, antara lain:

  • Battery health menunjukkan angka di bawah 80%. Semakin rendah angka battery health, semakin besar risiko masalah performa dan daya tahan baterai.
  • iPhone cepat habis baterai padahal tidak digunakan secara berlebihan.
  • iPhone sering mati secara tiba-tiba meski baru digunakan beberapa menit karena baterai terkuras.
  • iPhone susah menyala walau sudah di-charge cukup lama.
  • Baterai iPhone kembung atau bocor yang bisa membahayakan pengguna.

Jika mengalami masalah-masalah tersebut, sebaiknya segera bawa ke Apple Authorized Service untuk pengecekan dan penggantian baterai bila perlu.

Demikian berbagai faktor penyebab battery health iPhone turun dan cara mengatasinya. Intinya, gunakan iPhone secara bijak, hindari pengisian berlebihan, dan lakukan perawatan secara berkala untuk memperlambat penurunan kondisi baterai. Jika memang sudah waktunya, segera ganti baterai baru demi performa iPhone yang optimal.

FAQ:

Apa itu battery health pada iPhone?

Battery health adalah fitur pada iPhone yang menunjukkan kondisi dan kapasitas kesehatan baterai. Semakin tinggi angka battery health, semakin baik kondisi baterai iPhone.

Berapa lama umur baterai iPhone bertahan pada pemakaian normal?

Pada pemakaian normal, umur baterai iPhone bisa bertahan paling lama selama 2-3 tahun sebelum mengalami penurunan kapasitas yang signifikan.

Apakah mengisi daya dari 0% ke 100% setiap hari buruk untuk baterai?

Ya, mengisi daya dari 0% ke 100% terlalu sering dapat merusak baterai iPhone lebih cepat. Sebaiknya diisi ulang dari 30% sampai 80% saja.

Bagaimana cara mengkalibrasi ulang baterai iPhone?

Caranya adalah dengan menguras habis daya baterai hingga 0%, lalu biarkan mati beberapa jam, kemudian isi daya hingga 100%. Lakukan kalibrasi ulang secara berkala.

Apakah update iOS bisa mempengaruhi battery health iPhone?

Ya, beberapa update iOS diketahui dapat berdampak negatif terhadap kinerja dan daya tahan baterai. Misalnya update iOS 10.2.1 dan 11.2 pernah menurunkan performa iPhone.

Related posts