Ponsel Xiaomi dan OnePlus Berhasil Menjalankan Windows 11 Dengan Lancar

  • Share
Windows 11 Di Hp Xiaomi Dan Oneplus
TikTok berjalan di Windows 11. Gambar: Microsoft

Gustave Monce, seorang mahasiswa teknik, baru-baru ini menginstal Windows 11 pada Nokia Lumia 950 XL. Sistem operasi terbaru Microsoft sekarang tersedia di ponsel Xiaomi dan OnePlus.

Xilin Wu, pencipta proyek Renegade, menyatakan bahwa ia telah berhasil menginstal dan menjalankan Windows 11 untuk chip ARM64 pada ponsel bertenaga Snapdragon 845 dan Snapdragon 855. Sebagai uji coba, tim Renegade berhasil menginstal Windows 11 di OnePlus 6T dan Xiaomi Mi 8.

Pengembang proyek Renegade mengembangkan alat dan driver mereka sendiri untuk menjalankan Windows 11 di ponsel Android, dan mengaktifkan UEFI di Snapdragon 845. Mereka mendemonstrasikan bagaimana proses instalasi bekerja dalam video yang mereka posting.

Tim Renegade menjalankan Windows 10 pada OnePlus 6T. Mereka kemudian melanjutkan untuk memperbarui versi Preview build Windows 11 untuk chip ARM.

Meski proses instalasinya lama, OnePlus 6T sudah bisa mem-boot Windows 11. Hanya saja sebagian besar fitur Windows 11 seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan audio speaker tidak dapat digunakan.

Masalahnya persis seperti yang dialami Gustavo Monce. Setelah menginstal Windows 11 pada Lumia 950 XL, beberapa fungsi telepon, seperti kamera, SMS, tidak lagi berfungsi dengan baik serta baterai menjadi boros.

Sementara antarmuka baru dan fitur Windows 11 dapat ditampilkan, seperti taskbar baru, menu Start baru, dan bahkan tata letak Snap.

Untuk membawa Windows 11 ke Windows Phone, Monse dan timnya mem-porting dan merekayasa balik driver yang ada.

Pekerjaan mereka jadi lebih dimudahkan karena sebelumnya telah mengerjakan Windows 10 dan Windows 10X untuk Lumia.

Monce dan timnya juga membuat situs web khusus untuk proyek mereka yang berisi tools, panduan, dan dokumentasi untuk membawa Windows 10 dan Windows 11 untuk ponsel Windows Phone jadul.

Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa Microsoft tidak bermaksud untuk membuat versi desktop Windows 11 tersedia di smartphone.

Ini karena Windows 11 tidak benar-benar dioptimalkan untuk faktor bentuk perangkat seluler, dan fitur seluler seperti panggilan tidak tersedia.

Mungkin sejauh ini upaya tersebut tidak efektif, tetapi perlu dicatat bahwa ini masih dalam tahap awal pengembangan.

Setidaknya pihak microsoft telah menginformasikan bahwa Windows 11 dapat diinstal dan dijalankan di smartphone Android.

Smartphone berbasis Windows, dengan sedikit tweaking di sana-sini, diharapkan bisa menjadi kenyataan suatu saat nanti.

Ini juga tidak mungkin bahwa sistem operasi Windows untuk smartphone akan menjadi resmi, setidaknya dalam waktu dekat, tetapi menarik untuk melihat pengembang membuat kemajuan, mempercepat pengembangan Windows pada proyek ARM.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

hit tracker