Resep Capcay Kuah yang Gurih dan Istimewa

Resep Capcay Kuah – Capcay kuah merupakan salah satu jenis masakan yang diadaptasi dari masakan Cina yang memiliki cita rasa sayuran yang sangat kaya dan beragam.

Dalam bahasa Cina, kata “cap” memiliki arti angka 10, karena dalam masakan capcay terdapat 10 macam jenis sayuran yang biasanya digunakan. Namun, seiring berjalannya waktu, masakan capcay kuah yang dijual di warung pinggir jalan atau restoran tidak lagi menggunakan 10 jenis sayuran.

Dengan penggunaan banyak jenis sayuran, kandungan gizi dalam capcay menjadi sangat tinggi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sebagai contohnya, wortel sendiri mengandung banyak vitamin A dan serat, kembang kol mengandung vitamin B9, C, dan K, dan merang mengandung asam amino esensial serta senyawa tripsin yang membantu mencegah sembelit. Oleh karena itu, capcay kuah sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh semua orang guna menjaga kesehatan tubuh mereka.

Asal Usul dan Sejarah Capcay

Capcay berasal dari Tiongkok dan memiliki sejarah panjang di Indonesia. Hidangan ini pertama kali dibawa oleh para imigran Tionghoa ke Indonesia pada zaman kolonial Belanda.

Capcay awalnya adalah hidangan sayuran yang dimasak secara sederhana dengan sedikit bumbu. Namun, seiring berjalannya waktu, capcay mengalami perkembangan dan penyesuaian dengan selera lokal.

Resep Capcay Kuah Ala Restoran

Untuk menikmati cita rasa capcay kuah yang lezat, kamu tidak perlu pergi jauh ke negara Cina atau membelinya di warung pinggir jalan.

Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih hemat, capcay kuah buatanmu juga akan lebih terjamin kebersihannya dan lebih higienis. Berikut ini kami akan berbagi resep dan cara membuat capcay kuah yang gurih dan istimewa.

Bahan – bahan yang dibutuhkan

  • 50 gram Wortel (diiris serong tipis)
  • 100 gram Kembang kol (diris per kuntumnya)
  • 100 gram Daun kol (diiris – iris dengan ukuran 3 x 3 cm)
  • 100 gram Jamur merang (dibelah dua tiap kuntumnya)
  • 100 gram Sawi putih (diiris dengan ukuran 2 cm)
  • 100 gram Udang kupas
  • 100 gram Fillet ayam (diiris dengan ukuran 2 cm)
  • 5 batang Daun bawang (diiris)
  • 5 batang Seledri (diiris dengan ukuran 2 cm)
  • 6 batang Sawi hijau (diiris)
  • 6 batang Buncis (diiris dengan ukuran 2 cm)
  • 2 buah Tomat dipotong menjadi 4 bagian
  • 200 ml Air bersih

Bumbu – bumbu yang dibutuhkan

  • 2 siung Bawang putih dimemarkan
  • 1 sendok makan Minyak wijen
  • 1 sendok teh Lada bubuk
  • 3 sendok makan Saus tomat
  • 1 sendok teh Garam dapur
  • 1/2 sendok teh Gula pasir

Cara membuat capcay kuah yang gurih dan istimewa

  1. Mula – mula yaitu siapkan wajan penggorengan, tuangkan minyak goreng dan panaskan diatas kompor dengan nyala api sedang.
  2. Jika minyak goreng sudah cukup panas, masukkan bawang putih ke dalam wajan penggorengan.
  3. Aduk dan tumis bawang putih hingga tercium aroma yang harum.
  4. Setelah itu tuangkan minyak wijen dan saus tomat, aduk – aduk kembali semua bahan hingga tercampur secara merata.
  5. Lalu masukkan udang dan daging ayam ke dalam tumisan bumbu.
  6. Aduk – aduk kembali semua bahan hingga berubah warna dan layu.
  7. Tahap selanjutnya masukkan semua irisan sayuran ke dalam wajan penggorengan.
  8. Aduk dan tumis semua bahan sayuran hingga sedikit layu dan tercampur bersama dengan tumisan sebelumnya.
  9. Lalu tuangkan air bersih dan tambahkan garam dapur, merica bubuk, serta gula pasir ke dalam tumisan.
  10. Masak semua bahan hingga benar – benar matang, angkat dan matikan api kompor.
  11. Setelah itu tuangkan capcay kuah ke dalam mangkuk saji.
  12. Capcay kuah sudah siap untuk disajikan selagi masih hangat.

Nutrisi dalam Capcay Kuah

Capcay kuah adalah hidangan yang memiliki banyak variasi dan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Selain sayuran seperti wortel, kembang kol, dan buncis, kamu juga bisa menambahkan sayuran lain yang kamu sukai, seperti brokoli, jamur, taoge, atau jagung manis.

Selain itu, dalam memasak capcay kuah, kamu juga bisa menambahkan tambahan protein seperti ayam, daging sapi, udang, atau cumi-cumi sesuai dengan preferensimu. Protein ini tidak hanya memberikan rasa yang lezat, tetapi juga memberikan nutrisi penting bagi tubuh.

Untuk menjaga rendahnya kalori dan lemak dalam capcay kuah, kamu bisa memperhatikan cara memasaknya. Gunakan teknik memasak seperti merebus, menumis dengan sedikit minyak, atau memasak menggunakan metode panggang untuk mengurangi penggunaan minyak yang berlebihan. Selain itu, pilihan saus juga penting. Pilihlah saus yang rendah garam dan gula, atau jika memungkinkan, buatlah saus sendiri dengan menggunakan bahan-bahan segar dan alami.

Capcay kuah juga bisa menjadi hidangan yang serba guna. Kamu bisa menyantapnya sebagai lauk pendamping nasi atau mie, bisa juga dimakan dengan lontong atau ketupat. Jika kamu menginginkan hidangan yang lebih kaya karbohidrat, kamu bisa menambahkan mie atau mie telur ke dalam capcay kuah.

Variasi dan Penyesuaian Resep

Capcay kuah adalah hidangan yang sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Selain bahan-bahan seperti tahu, telur, atau mie, kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai dengan preferensimu. Misalnya, beberapa orang suka menambahkan jamur, udang, atau daging ayam sebagai variasi protein dalam capcay kuah.

Selain itu, jika kamu menyukai rasa pedas, kamu bisa menambahkan cabai segar atau saus cabai sesuai selera. Hal ini akan memberikan sentuhan pedas yang menyegarkan pada hidangan capcay kuahmu.

Selain mengatur bahan-bahan yang ditambahkan, kamu juga dapat mengatur tingkat kepedasan dan keasinan kuah. Jika kamu ingin kuahnya lebih pedas, kamu bisa menambahkan lebih banyak cabai atau saus cabai. Sementara itu, jika kamu menginginkan kuah yang lebih gurih atau asin, kamu bisa menambahkan sedikit saus tiram atau garam sesuai selera.

Berkreasilah dengan berbagai variasi rasa dan tekstur capcay kuah sesuai dengan selera dan keinginanmu. Kamu bisa mencoba berbagai kombinasi bahan dan bumbu untuk menciptakan capcay kuah yang unik dan lezat.

Demikianlah resep dan cara membuat capcay kuah yang gurih dan istimewa. Proses membuat masakan ini sangat mudah dan sederhana, jadi kalian bisa membuat capcay kuah kapan saja sesuai dengan selera masing-masing.

Capcay kuah ini sangat cocok disajikan untuk menu sarapan pagi, dan juga baik dikonsumsi bagi kalian yang sedang menjalankan program diet.

Selamat mencoba!