Gadget  

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S20 Ultra, Ponsel Tangguh Dari Samsung

Selain ponsel yang dapat dilipat, Samsung Galaxy S20 Ultra adalah ponsel yang paling gahar dan mahal dari Samsung. Harga Samsung Galaxy S20 Ultra Rp. 18 jutaan di Indonesia, membuatnya lebih mahal dari S20 dan S20 Plus.

Dengan label harga yang begitu tinggi, tidak mengherankan jika Galaxy S20 Ultra menyertakan banyak fitur teknologi canggih. Semuanya berukuran besar, mulai dari kamera 108 MP, memori hingga 12 GB, dan perekaman video hingga 8K, adalah beberapa contohnya.

Untuk lebih jelasnya, penulis akan mengulas Samsung Galaxy S20 Ultra dari berbagai sudut pandang; silakan lihat ulasan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Desain Galaxy S20 Ultra

Sepintas, tidak ada perbedaan yang signifikan antara S10 dan Note 10, material build qualitynya solid dengan sisi-sisinya melengkung. Dengan rasio aspek 89,9%, layar luber sampai ke tepi, dengan kamera depan diposisikan di tengah atas sebagai lubang punch.

Dibandingkan dengan Note 10 yang memiliki ukuran layar 6,8 inci, smartphone ini terlihat cukup besar, dengan ukuran layar 6,9 inci. Beratnya juga 222 gram, yang secara signifikan lebih berat 188 gram dibanding S20 plus.

Galaxy S20 Ultra terasa sangat penuh di tangan, dan meskipun kita dapat mengoperasikannya hanya dengan satu tangan, lama-kelamaan tangan kita akan terasa perih, apalagi jika tangan kita kecil.

Karena menjangkau aplikasi di sisi jauh layar dengan satu tangan akan sulit, kita akan menggunakan dua tangan untuk mengoperasikan smartphone berukuran besar ini.

Singkatnya, smartphone ini tidak cocok untuk mereka yang mencari ponsel kompak Galaxy S20 dan S20 Plus adalah pilihan yang lebih baik.

Sebuah kamera besar menonjol dari sisi kiri atas kamera di bagian belakang. Ada tulisan Space Zoom, dan kamera ini memiliki resolusi 108 MP, membuat modul ini menonjol.

Tombol daya di samping dapat digunakan untuk mengakses perintah suara Bixby, sementara satu speaker dan colokan USB Type C terletak di bagian bawah. Sebuah slot di bagian atas memungkinkan Anda untuk memasukkan kartu SIM. Anda harus menyadari bahwa ponsel ini tidak memiliki jack headphone standar 3,5 mm.

Layar Galaxy S20 Ultra

Resolusi Super AMOLED Galaxy S20 Ultra 6,9 inci adalah 1.440 x 3.200 piksel, dengan kerapatan piksel 511 piksel per inci (piksel per inci). Layarnya dilindungi oleh Gorilla Glass 6, dan rasio layar-ke-tubuhnya adalah 89,9%, menunjukkan bahwa itu cukup besar. Galaxy S20 Ultra memang memiliki layar terbesar dari semua smartphone Samsung.

Samsung Galaxy S20 Ultra dinobatkan sebagai layar smartphone terbaik awal tahun ini. Galaxy S20 Ultra menerima nilai tertinggi A+ dan DisplayMate Best Smartphone Display Award berdasarkan penelitian DisplayMate. Akurasi warna, kecerahan layar penuh, dan rasio kontras adalah keunggulan Galaxy S20 Ultra.

Warna yang dihasilkan Galaxy S20 Ultra terlihat sangat jernih putih tampak alami, dan hitam tampak tegas dan kaya akan warna lain. Salah satu keunggulan Galaxy S20 Ultra bisa dibilang adalah layarnya. Bermain game dan menonton film di Galaxy S20 Ultra sangat menjanjikan dan memuaskan berkat layarnya yang besar dan lapang.

Sekilas adanya fitur refresh rate 120 Hz yang dimilikinya memang tidak terlalu berasa efeknya. Namun, setelah diperiksa lebih dekat, animasi, scrolling, membuka aplikasi, dan bahkan bermain game akan tampak lebih lancar. Kombinasi layar yang jernih dan kecepatan refresh 120 Hz merupakan keuntungan tersendiri bagi penggunanya.

Perlu dicatat bahwa kecepatan refresh 120 Hz hanya tersedia pada resolusi FHD+ standar. Kecepatan refresh akan menjadi 60 Hz jika pengguna meningkatkan resolusi hingga maksimum QHD+.

Gaalxy S20 Ultra sudah mendukung HDR10+ yang merupakan fitur yang tidak kalah pentingnya. HDR10+ sudah didukung oleh konten video di Youtube dan Netflix, sehingga tampilan akan lebih impresif dan berwarna.

Antarmuka Galaxy S20 Ultra berbasis Android 10 dan menggunakan One UI 2. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan smartphone Samsung jika Anda salah satunya.

Kunci fingerprint tersembunyi di bawah layar. Kecepatan untuk membuka kunci termasuk cepat, meskipun performanya masih belum konsisten dan sebaik pemindai sidik jari fisik.

Hardware Galaxy S20 Ultra

Dapur Pacu S20 Ultra
Dapur Pacu S20 Ultra

Dapur pacu Galaxy S20 Ultar digawangi oleh Chipset Exynos 990 plus RAM 12 GB, masih juga adanya slot expantion microSD yang disematkan.

Karena Galaxy S20 Ultra merupakan ponsel andalan dari Samsung, bisa dipastikan bahwa menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan akan terasa sangat lancar, dan bahkan memainkan game Android yang berat pun tidak akan menghadirkan tantangan yang berarti. Yang pasti ponsel ini tidak akan mengecewakan Anda dari segi performa.

Baterai memiliki kapasitas 5.000 mAh, dan pengisi daya mendukung fast charging 25 watt, memungkinkan baterai terisi penuh hanya dalam satu jam.

Baterai Galaxy S20 Ultra bisa bertahan semalaman bahkan keesokan harinya dengan pemakaian normal. Namun, jika mode 120 Hz digunakan terus menerus, daya baterai akan lebih cepat habis dibandingkan jika menggunakan mode 60 Hz.

Meski Galaxy S20 Ultra hanya memiliki satu speaker, namun suara yang dihasilkannya tidak perlu diragukan lagi karena sangat kuat dan jernih, bahkan pada volume maksimum, suara dapat terdengar dengan jelas.

Kamera Galaxy S20 Ultra

Galaxy S20 Ultra memiliki empat kamera utama: kamera depthvision, kamera ultra wide 12 MP, kamera wide angle 108 MP, kamera telefoto 48 MP, dan kamera ultra wide 12 MP. Kamera selfie memiliki resolusi 40 megapiksel.

Kamera tidak diragukan lagi menjadi andalan Galaxy S20 Ultra, dengan resolusi yang sangat tinggi dan fitur Space Zoom yang memungkinkan Galaxy S20 Ultra melakukan zoom hingga 100 kali.

Sensor ISOCELL Bright HM1 pada Galaxy S20 Ultra memungkinkan untuk menggabungkan 9 piksel menjadi satu (3×3). Piksel berukuran 2,4 mikron. Cahaya yang ditangkap oleh sensor akan lebih besar dengan ukuran piksel yang lebih besar. Hasilnya, bidikan Anda akan lebih cerah dalam situasi cahaya redup.

Aplikasi kamera memungkinkan Anda dengan mudah memilih level zoom secara default, dengan level zoom 1,2, 4, 10, dan 100 sebagai yang tertinggi.

Galaxy S20 Ultra dapat merekam video pada resolusi hingga 8K pada 24 frame per detik, menghasilkan gambar yang sangat menyenangkan. Namun, untuk fitur yang satu ini tidak terlalu berguna karena hingga saat ini belum ada televisi yang menggunakan high firer ini. Namun, menggunakannya untuk membuat video berkualitas tinggi bukanlah ide yang buruk.

Langsung dari tangkapan layar video, foto dapat diambil, menghasilkan gambar 33 MP. Fitur Super Steady, anti-rolling stabilization, dan AI motion analysis juga disertakan untuk membantu mengantisipasi guncangan saat merekam video.

Terkadang kita ingin mengabadikan momen spesial baik dalam foto maupun video, namun hal itu sulit dilakukan. Galaxy S20 Ultra, di sisi lain, memiliki fitur single take yang memungkinkannya mengambil banyak foto dan video dalam satu rekaman, termasuk Live focus, cropped, Ultra Wide, dan lainnya. Dalam mode pengambilan tunggal, Anda cukup menekan rana dan itu diterapkan dalam beberapa detik, menghasilkan berbagai konten.