Tempat Wisata di Pangkalpinang Selain Pantai

  • Share
Tempat Wisata Di Pangkalpinang Bangka
Tempat Wisata Di Pangkalpinang Bangka

Pulau Bangka Belitung memang terkenal akan keindahan pantainya yang menawan karena selain masih natural juga dipenuhi dengan bebatuan besar yang menghiasinya.

Memang hampir kebanyakan pengunjung yang datang ke Bangka tentu saja bertujuan untuk menikmati wisata pantai.

Namun di kesempatan ini kami ingin memberikan informasi tempat wisata di Pangkalpinang selain pantai yang juga bisa kamu kunjungi untuk menambah tujuan wisata atau koleksi foto foto kamu.

Tempat Wisata di Pangkalpinang Bangka

Pangkalpinang sendiri merupakan ibukota dari Provinsi Bangka Belitung. Sehingga tempat wisata dibawah ini tidak akan begitu jauh antara satu dengan lainnya. Tempat wisata di Pangkalpinang.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Pangkalpinang selain pantai yang bisa kamu kunjungi :

Bangka Botanical Garden

Seperti namanya Bangka Botanical Garden Pangkalpinang merupakan kawasan agrowisata yang berlokasi tidak jauh dari pantai pasir padi Pangkalpinang atau nama kerennya pasir padi bay.

Sebelumnya, kawasan Bangka Botanical Garden BBG ini merupakan daerah bekas galian timah, namun sekarang kamu dapat menikmati sejuknya alam disini.

Tanaman dan pepohonan tertata dengan rapi, Pastinya kamu akan dapat banyak foto menarik jika mengunjungi kawasan ini.

Selain itu juga terdapat danau buatan dengan saung – saung yang mengelilinginya yang bisa kamu sewa untuk bersantai dengan keluarga atau teman sekalian untuk memancing.

Tidak hanya itu ada juga peternakan sapi perah yang dapat menjadi wisata edukasi bagi anak anak. Untuk masuk ke BBG tentunya kamu perlu kendaraan seperti mobil atau motor karena kawasan ini terlalu luas jika kamu berjalan kaki. Oh ya, Masuk ke BBG juga tidak dikenakan biaya sama sekali loh alias gratis.

Rumah Jendela Inspirasi

Rumah Jendela Inspirasi
Rumah Jendela Inspirasi (Foto: len-diary.com)

Rumah jendela inspirasi ini biasa dikenal juga dengan seribu jendela. Bagaimana tidak, rumah yang satu ini dihiasi dengan banyak jendela bekas yang telah dicat warna warni membuatnya sangat unik dan keren.

Beragam spot jaman dulu yang dibedakan dalam setiap ruangan juga menambah unik dari rumah ini seperti ruang kantor kementrian, perpustakaan, sepeda, dll.

Pada bagian lantai atas rumah ini juga memang disediakan spot foto kekinian, Jadi buat kamu yang pergi dengan pasangan jangan sampai melewatkan rumah jendela inspirasi.

Babel Bhay Park

Babel Bhay Park merupakan taman rekresasi ramah anak yang digagas oleh Kapolda BaBel, letaknya disamping mapolda Bangka Belitung.

Ditaman ini terdapat trek yang mengelilingi danau untuk kamu jalan santai atau joging. dan disepanjang jalan banyak spot foto menarik juga untuk kamu mengambil foto atau selfie.

Museum Timah Indonesia

Museum timah merupakan salah objek wisata di pangkalpinang yang paling terkenal. Letaknya tidak jauh dari alun alun taman merdeka Pangkalpinang. Tepatnya di jalan ahmad yani, taman sari.

Di museum ini kamu dapat mengetahui sejarah dan beragam koleksi bangka belitung serta berbagai aktivitas pertambangan yang membuat melekatnya sebutan pulau bangka sebagai penghasil timah Indonesia.

Jembatan Emas

Jembatan Emas Bangka yang udah menjadi icon kota Pangkalpinang ini memiliki keunikannya tersendiri yakni bisa terbuka ketika kapal melintas dibawahnya.

Pada saat malam hari juga pancaran cahaya dari lampu lampu yang dipasang pada jembatan ini menambah indah pemandangan di sekitar jembatan.

Untuk menuju lokasi jembatan ini juga tidak begitu jauh dari pusat kota dan bisa melewati banyak jalan salah satunya melalui jalan ketapang.

Alun Alun Taman Merdeka

Alun alun taman merdeka ini dulunya merupakan lapangan merdeka, Semenjak diubah tampilannya menjadi taman kota, Cukup menarik banyak peminat warga kota Pangkalpinang untuk datang kesini.

Setiap malam selalu ramai dengan pengunjung. Jika kamu berkunjung kesini, kamu bisa sekedar duduk bersantai atau menikmati beragam kuliner yang dijual disekitar pinggir alun alun.

Disini juga banyak wahana hiburan. Selain itu di sekitar alun alun ini juga cukup banyak cafe kekinian yang bisa kamu coba menu menunya.

Kelenteng Dewi Laut

Kelenteng Dewi Laut
Kelenteng Dewi Laut (Foto: wonderful.pangkalpinangkota.go.id)

Kelenteng Dewi Laut ini kabarnya telah memiliki usia yang cukup tua dan bersejarah di kota Pangkalpinang. Kelenteng ini bisa langsung kamu kunjungi ketika melewati BBG atau Pantai pasir Padi. Bangunan kelenteng ini memiliki pemandangan yang cukup bagus.

Itulah beberapa tempat wisata di Pangkalpinang selain pantai yang bisa kamu kunjungi, Semoga artikel ini dapat menjadi tambahan referensi buat kamu menyusun itinerary travel kamu di pulau Bangka.

  • Share
hit tracker