Wisata  

Teotihuacan, Komplek Piramida Terbesar Dunia di Meksiko

Teotihuacan yang berada di Meksiko ternyata memiliki tempat tujuan wisata favorit bagi para wisatawan dunia. Sebuah situs arkeologi kompleks piramida kuno terbesar di dunia yang diakui sebagai warisan dunia UNESCO berada disana.

Situs tersebut dikenal sebagai kompleks para dewa dan menjadi incaran wisatawan saat berlibur di Meksiko.

Mengapa disebut sebagai kompleks para dewa karena Teotihuacan merupakan kompleks piramida terbesar di dunia. Keindahan arsitektur Aztec pada tempat wisata ini terletak di San Juan Teotihuacan, Meksiko.

Dahulunya Teotiuacan di Meksiko merupakan salah satu kota terbesar di Amerika, Bahkan populasi yang tinggal dalam Piramida Teotihuacan mencapai 150.000 manusia.

Kompleks Teotihuacan rumah para dewa di meksiko ini memiliki banyak peninggalan sejarah dan bangunan yang bisa membuat dunia terkejut.

Bagaimana tidak, lokasi yang berada pada ketinggian 2.300 mdpl ini memiliki banyak piramida kecil dengan empat piramida utama, yaitu Kuil Bulan, Kuil Matahari, Kuil Quetzacotl, dan Museo Teotihuacan.

Teotihuacan 4573325 640

Teotiuacan merupakan situs arkeologi besar yang terletak di lembah Mexico, dan melingkupi beberapa struktur piramida yang didirikan pada zaman pra-Colombus.

Tapi anehnya, tak seorang pun tahu siapa yang membangun Teotihuacan, nama itu sendiri di ambil dari bahasa Nahuatl Aztec yang berarti tempat kelahiran para dewa.

Bentuk piramida-piramida di Teotihuacan ini memiliki bentuk seperti piramida Suku Maya. Kompleks yang sudah runtuh ini kembali digali hingga akhirnya Piramida Teotihuacan tidak benar-benar hilang.

Keindahan yang dimilikinya membuat komplek piramida terbesar di dunia ini menjadi salah satu arkeologi yang paling terkenal di Meksiko.

Memasuki kawasan komplek piramida terbesar di dunia ini memerlukan kendaraan untuk mengitari kawasan yang begitu luas tersebut.

Meskipun banyak kendaraan yang disediakan dalam lokasi ini, tidak sembarang turis bisa mendekatkan diri pada situs-situs yang ada di sini.

Fasilitas yang disediakan di kawasan ini antara lain taksi, bus, dan sepeda namun, untuk menjaga keasrian lokasi ini ada baiknya para wisatawan memilih sepeda sebagai alat transportasi selama berada di kawasan ini.

Catatan untuk pengunjung, wisatawan yang sudah memiliki izin atau yang terdaftar sebagai tamu Hotel Villa Arqueologica Teotihuacan lah yang menjadi satu-satunya penginapan di Teotiuacan.

Para wisatawan akan dihadirkan suasana tawar menawar yang khas dari para penjual cinderamata. Tidak tanggung-tanggung mereka senantiasa berusaha mengikuti kemana saja dan membujuk para wisatawan untuk membeli barang dagangan mereka.

Bila para wisatawan merasa tidak tertarik jangan sekali-kali melakukan kontak mata dengan mereka. Kuil Matahari, menjadi piramida terbesar yang ada dikawasan Teotihuacan dan terbesar ke 3 di dunia.

Pyramid ini mendominasi landskap kota Teotihuacan dan merupakan bangunan terbesar di komplek Teotihuacan. Sesuai dengan namanya, saat siang hari matahari seperti berada tepat diujung piramida. Bentuk piramida yang terpotong pun membuat sinar matahari dapat masuk ke dalamnya.

Selain itu, wisatawan juga bisa melihat-lihat Kuil Bulan yang berukuran sedang dan Kuil Quetzacotl, salah satu kuil piramida yang paling disucikan dengan aksen batu berbetuk kepala naga.

Piramida Bulan terletak diujung utara dari Avenue of the Dead, yang merupakan pusat utama dari kota Teotihuacan, Piramid ini menghadap ke selatan yang dibangun sebagai bangunan utama di komplek piramid bulan.

Platform berjenjang lima melekat pada bagian depan piramid bulan, disebutkan bahwa pada masanya piramid tersebut memiliki struktur interior didalamnya, dan piramid ini adalah salah satu bangunan utama di Teotihuacan yang paling mudah dipahami.

Selain Teotihuacan untuk acara seremonial besar, di kota tersebut terdapat juga istana, kuil-kuil, khususnya dekat dengan ujung utara kota yang dikelilingi oleh plaza didepan Pyramid of the Moon (pyramid bulan).

Ini termasuk istana Quatzelcoatl, istana kupu-kupu (Butterfly palace), kuil feathered conches, dan istana jaguar. Bila para wisatawan ingin mempersingkat perjalanan mengelilingi Teotihuacan, bisa mengunjungi Museo Teotihuacan.

Pada bagian ini traveler bisa mengitari sebuah taman yang juga menjadi miniatur Teotihuacan.