Tips Belanja Hemat Agar Kantong Nggak Jebol

  • Share
Tips Belanja Hemat
Tips Belanja Hemat

Tips Belanja Hemat – Siapa sih yang bisa tahan dengan godaan belanja? Dijamin nggak bakalan ada yang bisa tahan dengan godaan belanja. Apalagi buat para cewek, pasti seneng banget yang namanya belanja.

Belanja kebutuhan bulanan, belanja pakaian, dan belanja hal-hal yang diinginkan udah pasti dilakuin tiap bulannya. Pokoknya kalo udah belanja, bisa-bisa lupa dengan biaya yang dianggarkan untuk belanja.

Contohnya aja, kalo misal cewek udah pergi ke mall atau ke pasar yang menjual pakaian dan lainnya pasti nggak cukup satu. Apalagi kalo belanja di pasar-pasar yang menjual baju secara grosir dan eceran, harganya kan miring tuh udah pasti ngebuat kantong bener-bener bolong.

Pernah nggak sih kalian rencana belanja ternyata apa yang udah kita rencanain itu beda dengan apa yang dibeli. Pasti pernah banget kan ya. Aku juga sering banget kayak gitu. Niat dari rumah cuma mau beli beberapa kebutuhan aja, eh pas udah ditempat malah liat sana sini dan akhirnya beli.

Seneng sih, tapi ya itu uang berkurang.heheheh. Mau punya uang sebanyak apapun kalo belanja nya udah nggak kira-kira bakalan abis juga.

Dan terpaksa pertengahan bulan harus gigit jari gara-gara keabisan uang. Boleh-boleh aja sih belanja, asal bener-bener dipikirin. Coba deh tips belanja hemat dibawah ini, siapa tau bisa membantu kalian untuk berhemat dalam belanja.

Tips Belanja Hemat Gak Bikin Kantong Jebol

1. Kebutuhan vs Keinginan

Kenali apakah niat belanja kalian didasari oleh rasa kebutuhan atau keinginan. Hal yang harus dipenuhi terlebih dahulu adalah kebutuhan. Misal, kebutuhan belanja bulanan.

Kalian harus benar-benar memilih barang-barang apa saja yang harus dibeli setiap bulan dan memang wajib dibeli. Hanya memenuhi kebutuhan bisa membantu kalian untuk berhemat dalam belanja.

2. Buat Daftar Belanja

Membuat daftar belanja merupakan cara untuk mengendalikan emosi kalian dalam berbelanja. Biasakan dari sekarang untuk membeli barang-barang yang termasuk dalam daftar belanja kalian. Jangan mudah tergoda dengan barang lain diluar daftar belanja.

Kalo misal kalian berbelanja makanan dan minumn, usahakan jangan belanja pada saat lapar. Soalnya kalo lagi dalam keadaan lapar bisa-bisa kita beli semua makanan dan minuman yang terlihat enak.

3. Diskon

Nah, kalo udah denger yang namanya diskon pasti udah pada seneng dan langsung pergi ke pusat diskon tersebut. Diskon bisa membantu kalian untuk lebih hemat dalam berbelanja. Tapi, jangan langsung tergoda dengan diskon.

Kalian juga harus lebih cermat dalam melihat harga. Ada toko yang menaikkan harga kemudian memberikan diskon. Kalo kayak gitu sama aja kan jadinya, bukannya hemat malah boros. Tetep kendaliin emosi belanja ya, jangan gara-gara diskon kalian jadi beli sebanyak-banyaknya.

4. Mall vs Pasar Grosir

Tips belanja hemat yang satu ini berguna kalo kalian ingin membeli pakaian, sepatu dan lainnya. Masalah tempat menentukan harga itu bener banget. Rata-rata orang yang mempunyai uang lebih biasanya akan lebih memilih pergi ke mall karena lebih aman dan nyaman.

Tapi untuk masalah harga udah nggak bisa diajak kompromi alias nggak bisa ditawar kalo di mall. Kalo kita pergi ke pasar grosir udah pasti harganya miring. Contoh nya pasar Bambu Kuning. Berhubung aku lagi di Lampung jadi aku ngambil pasar Bambu Kuning.

Disini juga banyak banget orang yang menjual semua jenis pakaian dari pakaian santai sampe pakaian untuk ke pesta. Selain pakaian, pasar ini menjual celana, sepatu dan sendal, dan barang-barang rumah tangga lainnya. Di pasar ini juga kalo menurut aku kualitas pakaian dan yang lainnya cukup bagus.

Kalo belanja di sini memang harus pinter-pinter pilih barang dan menawar harga. harga yang dikasih sama penjual bisa ditawar sampe setengah harga. So, silahkan kalian pilih mau ke mall atau ke pasar grosir.

5. Waktu

Hhhmmm..masalah waktu juga bisa jadi bagian dari belanja hemat lho. Oia, ini berlaku di pasar grosir. Kenapa masalah waktu bisa jadi bagian dari belanja hemat? Kebetulan tadi aku nemenin temen ke pasar Bambu Kuning buat cari-cari pakaian.

Kita pergi dari rumah sekitar jam 4 sore. Ternyata pas kita milih-milh dan menawar harga pakaian. Kita bisa dengan mudah dapet harga yang kita inginkan. Kayak kita tadi cuma nawar harga satu kali langsung dikasih.

Ini gara-gara kita belanjanya udah sore terus orang yang jual mau tutup jadi langsung dikasih-kasih aja. Biasanya kalo kita pergi siang, jarang banget dapet harga segitu dengan kualita pakaian yang baik.

6. Tinggalkan Kartu Kredit

Tips belanja hemat lainnya adalah meninggalkan kartu kredit. Lebih baik kalo kalian niat buat belanja, mending kartu kredit disimpen baik-baik dirumah. Hal ini bisa membantuk untuk menghemat dalam belanja.

7. Simpan Struk Belanja

Biasakan untuk menyimpan semua struk belanja setiap bulan. Hal ini bisa untuk membandingkan pengeluaran setiap bulannya.

Demikianlah tips belanja hemat menurut versi aku. Mudah-mudah bisa membantu kalian untuk lebih hemat dalam belanja.

  • Share
hit tracker