Tips Cara Cerdas Dalam Membangun Bisnis Online

  • Share
Tips Cara Cerdas Dalam Membangun Bisnis Online
Tips Cara Cerdas Dalam Membangun Bisnis Online

Bisnis online untuk pemula mempunyai kesulitan beragam. Sehingga ketika pemula memulai membangun bisnis onlinenya sangat kesusahan menghadapinya.

Oleh karena itu perlu cara cerdas dalam membuat bisnis online sebagai pemula. Berikut penjelasannya.

Kenapa Harus Memulai Bisnis Sekarang

Bila dicermati, negara-negara dengan penghasilan per kapita yang tinggi umumnya memiliki penduduk yang bekerja secara mandiri alias menjadi pengusaha.

Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, dan jawara baru perekonomian dunia, yaitu China memiliki jumlah pengusaha lebih dari 10 persen dari jumlah keseluruhan penduduknya.

Negara tetangga kita yaitu Singapura, sekitar 8 persen penduduknya memiliki usaha pribadi.

Begitu pula Malaysia dan Thailand yang masing-masing 5 persen dan 3 persen penduduknya merupakan pengusaha.

Sedangkan di Indonesia, sekarang ini baru sekitar 1,8 persen dari penduduknya yang memilih menafkahi hidup sebagai pengusaha.

Menjadi pengusaha pada era modern yang didukung dengan berbagai kecanggihan teknologi seperti saat ini, sebenarnya bukan hal yang sulit.

Berbisnis tanpa modal serupiah pun bisa dijalankan oleh siapa saja, bahkan pegawai kantoran.

Bayangkan bila Kamu memiliki bisnis yang bisa dijalankan di sela-sela waktu kerja, sepulang dari kantor, atau pada libur akhir pekan. Tentu menyenangkan, bukan?

Selain mendapatkan tambahan pendapatan, bukan tidak mungkin bila bisnis Kamu berkembang, Kamu tidak perlu lagi bekerja pada orang lain.

Kamu akan memiliki waktu kerja yang fleksibel, memiliki lebih banyak waktu dengan keluarga, mengatur sendiri target penghasilan yang tidak terbatas oleh jabatan, dan mencapai tujuan yang dicita-citakan semua orang, yaitu kebebasan finansial.

Kebebesan finansial artinya Kamu memiliki pendapatan pasif yang jumlahnya lebih besar dari pengeluaran sehari-hari dan biaya yang dibutuhkan untuk menunjang gaya hidup dan kejadian yang tidak terduga seperti sakit atau kecelakaan.

Kamu Berbisnis untuk Apa dan Siapa ?

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita membutuhkan uang untuk memenuhi hampir setiap kebutuhan hidup, baik kebutuhan pribadi atau keluarga. Mulai dari makanan, harga bahan pangan selalu mengalami kenaikan setiap tahun.

Untuk memiliki hunian idaman, harga properti di Indonesia selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Industri fashion yang berkembang pesat juga memicu orang untuk menghabiskan banyak uang membeli pakaian dan kebutuhan lain untuk menunjang penampilan sehingga perlu alokasi dana yang tidak sedikit.

Belum lagi masalah kesehatan. Kondisi lingkungan dan asupan makanan pada masa kini membuat orang mudah terserang berbagai macam penyakit.

Ilmu kedokteran yang berkembang memang memungkinkan penanganan yang baik, namun lagi-lagi semua itu membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Bila Kamu berkeluarga, anak tentunya merupakan anugerah. Anak berhak mendapatkan kehidupan yang nyaman bersama keluarga dan juga pendidikan yang terbaik supaya kelak ia mampu bersaing di dunia yang tentu lebih keras daripada saat ini.

Tidak sedikit orang tua yang mengeluh tentang masalah pendidikan anak. Bagaimana tidak?

Untuk pendidikan awal seperti preschool atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) saja orang tua harus menyediakan dana jutaan.

Beban tersebut terasa semakin berat apalagi bila nanti saat anak harus menempuh pendidikan tinggi atau kuliah, tetapi masa kerja Kamu sudah harus berakhir karena usia.

Hal yang tidak perlu dirisaukan bila memiliki usaha sendiri. Kamu bebas bekerja hingga umur berapapun yang Kamu inginkan.

Bila bisnis berkembang dengan baik, Kamu bahkan bisa menjamin keberlangsungan pendidikan anak dengan menyisihkan sebagian penghasilan untuk mengikuti program asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan.

Kesempatan Bisnis di Depan Mata

Setiap orang sebenarnya memiliki kesempatan yang sama untuk membuka usaha sendiri atau berbisnis. Bila Kamu berpikir bahwa hanya orang yang memiliki modal besar saja yang bisa membangun bisnis, coba pikirkan ulang.

Saat ini, keuntungan yang tidak sedikit dihasilkan oleh orang yang tidak memiliki modal. Salah satunya ialah dengan menjadi perantara.

Kamu bisa membangun bisnis penjualan dengan mengakomodir kebutuhan orang di sekitar Kamu lalu mencarikan orang atau sumber lain yang memiliki kebutuhan tersebut.

Sebagai contoh, kantor Kamu sulit mencari orang yang bisa memperbaiki Air Conditioner (AC), printer, komputer atau mesin fotokopi dalam waktu cepat, yang bisa dihubungi setiap saat.

Peluang usaha yang ada di hadapan Kamu ialah dengan mencarikan orang dengan keahlian tersebut, lalu Kamu bisa mengutip sekian persen dari biaya perbaikan untuk masuk ke kantong Kamu.

Bayangkan bila ada karyawan di kantor yang juga meminta Kamu untuk menyediakan jasa tersebut di rumahnya, belum lagi kantor-kantor lain yang membutuhkan jasa tersebut.

Selain itu, terkait kebutuhan berupa barang. Berapa banyak barang yang bisa Kamu jual kepada orang-orang di sekitar Kamu, tanpa mengeluarkan modal besar.

Cukup dengan koneksi internet, Kamu bisa mendapatkan informasi tentang harga suatu barang beserta spesifikasinya.

Banyaknya penjual yang menyediakan barang secara online juga menguntungkan karena Kamu bisa mencari harga terendah untuk mendapatkan keuntungan bila barang tersebut dijual kembali.

Kamu tingga menunjukan foto dan spesifikasi barang kepada orang-orang di sekitar Kamu yang membutuhkannya.

  • Share