Tips Jitu Memotret di Tempat Gelap Dengan Kamera Ponsel

  • Share
Teknik Fotografi Hp
Ilustrasi Teknik Fotografi HP (wayhomestudio - freepik.com)

Di zaman sekarang ini, memotret dengan kamera handphone sudah menjadi kebiasaan baru bagi kaum urban. Munculnya berbagai merek ponsel pintar di pasar yang dilengkapi dengan kamera ultra-canggih pasti membuat hobi memotret gambar lebih mudah disalurkan.

Meski cukup canggih, tidak semua orang bisa mengambil foto yang bagus dalam situasi minim cahaya. Bukan hanya soal kamera, kemampuan skill mengambil gambar berdampak pada kualitas akhir gambar yang dihasilkan.

Jadi, bagaimana Anda mendapatkan bidikan terbaik dalam situasi cahaya rendah? Simak ulasannya berikut ini. 

Menggunakan Night Mode 

Pada smartphone terbaru, mode malam sekarang tersedia. Jika ponsel cerdas Anda memiliki kemampuan ini, Anda dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan hasil maksimal dari fotografi ponsel cerdas malam hari Anda.

Dengan cara yang sama seperti HDR, mode malam mengambil serangkaian gambar pada berbagai tingkat kecerahan. Foto-foto ini kemudian digabungkan untuk membuat foto yang diterangi secara merata ke segala arah. 

Atur Posisi 

Saat ingin mengambil foto, pastikan Anda berada dalam posisi yang nyaman. Saat memotret, pastikan tidak ada gerakan sama sekali. Jika Anda mengalami kesulitan, gunakan meja atau tripod untuk mengurangi getaran. 

Pakai Fitur Flash 

Lens Setting Kamera Hp Malam Hari
Lens Setting Kamera Hp Malam Hari

Saat Anda ingin mengambil gambar dalam keadaan gelap, fitur flash sangat berguna. Namun, fitur ini tidak selalu berguna. Saat memotret dengan blitz, Anda harus menyesuaikan jarak objek. Membiarkan objek yang akan difoto terlalu dekat akan menyebabkan hasilnya kurang jelas. 

Manfaatkan Fitur HDR 

Menggunakan fitur HDR untuk mengambil foto membutuhkan kesabaran. Karena gambar yang diambil akan disimpan untuk jangka waktu yang lebih lama di ponsel kamera. Namun, hasilnya akan lebih unggul daripada mematikannya. Mode HDR mampu menangkap gambar dalam berbagai kondisi pencahayaan. 

Atur Jarak 

Saat menggunakan kamera ponsel, pastikan untuk mengatur jarak objek dengan benar. Jangan pernah menggunakan fitur zoom di lingkungan yang gelap karena akan menghasilkan kualitas gambar yang buruk. Untuk membuat foto Anda lebih jelas dan tajam, sebaiknya ambil dari jarak dekat. 

Atur ISO Secara Manual 

Dalam mode manual, Anda dapat mengatur ISO pada kamera smartphone Anda. ISO harus berada di kisaran 800-6400. (tergantung pada tingkat cahaya yang tersedia). Namun, menggunakan ISO, seperti flash, dapat merugikan.

Jika memotret dengan kondisi low light atau cahaya redup maka ISO sebaiknya tetap harus diukur dalam kaitannya dengan cahaya di sekitar.

  • Share
hit tracker