Tips Jual Beli Rumah Yang Aman

  • Share
Tips Jual Beli Rumah Aman Dan Bersertifikat
Tips Jual Beli Rumah Aman Dan Bersertifikat

Kalau mendengar tentang urusan jual beli rumah biasanya yang terbayang adalah urusan super ribet.

Ribetnya urusan ini karena proses perubahan nama pemilikan rumah atau sertifikat harus dilakukan dengan hati-hati dan melibatkan beberapa badan pemerintahan.

BPN (Badan Pertanahan Nasional) dan kantor pajak adalah dua institusi yang punya peran penting dalam proses jual beli rumah.

Harga rumah yang tidak murah juga membuat penjual dan pembeli bersikap sangat hati-hati. Sebab salah melangkah bisa-bisa uang puluhan bahkan ratusan juta bisa melayang.

Tak heran kalau banyak orang yang sudah grogi dan malas duluan kalau harus berurusan dengan jual beli rumah. Padahal ada beberapa tips jual beli rumah yang bisa membuat transaksi ini berjalan dengan mulus tanpa ribet lagi.

Tips pertama adalah menggunakan jasa notaris yang berpengalaman. Hingga notaris tersebut dapat membantu menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk proses jual beli.

Bila ada rasa ragu-ragu terhadap keaslian sertifikat atau unsur-unsur legalitas lainnya, biasanya notaris tidak berkeberatan untuk memberikan konsultasi.

Sebagai pembeli tak ada salahnya untuk bersikap hati-hati. Saat ini sertifikat palsu mudah sekali dibuat. Karena itu untuk menghindari tindak penipuan sebaiknya transaksi jual beli rumah dilakukan setelah pengecekan sertifikat.

Bila penjual meminta uang muka, berilah sekadarnya saja sebagai tanda jadi. Sangat tidak disarankan memberikan uang muka terlalu besar.

Jangan lupakan peran peran ketua RT dan RW setempat. Sebagai pengurus RT dan RW biasanya mereka mengetahui sejarah kepemilikan suatu rumah.

Jadi sebaiknya dalam transaksi jual beli rumah carilah keterangan tentang rumah tersebut dari ketua RT dan RW.

Tips jual beli rumah tak hanya berlaku untuk pembeli saja, sebagai penjual pun tak ada salahnya berhati-hati. Jangan sampai maksud untuk mendapatkan uang dari penjualan rumah malah berakhir dengan uang di rekening melayang.

Apalagi kalau penjual mengiklankan rumahnya di media koran. Bersiap-siaplah menerima telpon dan sms yang berbau penipuan.

Mempelajari tips jual beli rumah akan menghindarkan kerugian baik pihak penjual maupun pembeli.

  • Share
hit tracker