Tips Memilih Outfit yang Tepat untuk Menghadiri Pesta Pernikahan

Setiap momen pernikahan adalah suatu kesempatan untuk merayakan kebahagiaan bersama. Namun, ketika diundang untuk hadir dalam acara tersebut, kita harus memperhatikan penampilan agar tidak mengganggu suasana perayaan. Oleh karena itu, penting untuk memilih outfit yang sesuai dengan tema atau dress code yang ditentukan oleh pengantin.

Berikut ini adalah 5 tips dari beautynesia untuk memilih outfit kondangan yang tepat. Dengan mengikuti tips ini, kamu bisa tampil kece dan memukau tanpa takut salah kostum atau merusak suasana pesta.

Jangan Pernah Gunakan Warna Putih dalam Kondangan

Ketika kamu diundang ke acara pernikahan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama dalam memilih outfit yang tepat. Salah satunya adalah menghindari penggunaan warna putih. Meskipun tidak ada aturan tertulis yang melarang, namun sebaiknya kamu menghindarinya agar tidak membuat pengantin merasa tidak nyaman.

Pengantin perempuan biasanya akan menggunakan warna putih pada saat akad nikah maupun saat pemberkatan. Sehingga jika tamu undangan juga mengenakan warna yang sama, bisa membuat pengantin merasa ‘tersaingi’ dan kurang menonjol pada hari spesialnya.

Jika kamu masih bingung menentukan warna outfit kondangan yang tepat, kamu bisa mengambil inspirasi dari tradisi kondangan ala Korea yang juga menghindari penggunaan warna putih. Tamu perempuan biasanya memilih untuk menghindari penggunaan warna-warna mencolok dan lebih memilih berbusana dengan warna netral seperti biru tua, krem, atau warna-warna pastel yang lembut. Dengan menggunakan warna-warna yang tidak mencolok, para tamu undangan dapat menghindari menandingi perhatian dari sang pengantin.

Hindari Warna yang Sama dengan Panitia Pernikahan

Ketika diundang ke sebuah pesta pernikahan, pastinya kamu ingin tampil memukau dan cantik. Namun, jangan sampai salah outfit dan membuat pengantin serta panitia merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan warna outfit yang akan kamu pakai.

Jika kamu mendapatkan undangan pernikahan dari teman dekat atau keluarga, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu tema warna yang akan digunakan oleh pengantin dan panitia. Hal ini akan membantumu untuk memilih outfit yang tepat dan sesuai dengan tema. Jangan sampai memakai outfit dengan warna yang sama persis dengan konsep pesta yang akan digunakan, sehingga kamu akan terlihat seperti bagian dari panitia.

Namun, kamu juga tidak perlu bingung dan khawatir untuk memilih outfit yang tepat. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih outfit dengan warna netral yang elegan seperti nude, beige, abu-abu, atau hitam. Warna-warna netral ini bisa memberikan kesan elegan dan anggun pada penampilanmu. Selain itu, kamu juga bisa memperkaya penampilan dengan menambahkan aksesori seperti kalung, anting, dan gelang yang sesuai dengan warna outfit yang dipilih.

Dengan memperhatikan warna outfit, kamu akan terlihat cantik dan selaras dengan tema pernikahan tanpa harus menandingi warna yang dipilih oleh panitia. Jangan lupa juga untuk memperhatikan dress code yang diinformasikan di undangan, sehingga kamu bisa memilih outfit yang sesuai dengan aturan tersebut. Dengan begitu, kamu akan terlihat memukau dan membuat pengantin serta panitia merasa nyaman dengan kehadiranmu di acara pesta pernikahan tersebut.

Pentingnya Memilih Outfit yang Tepat pada Pesta Pernikahan Casual

Pesta pernikahan dengan konsep kasual kini semakin populer, terutama bagi mereka yang menggelar acara di luar ruangan. Namun, jangan sampai salah pilih outfit dan tampil terlalu santai sehingga mengurangi kesan sopan dan rapi.

Dalam kondisi seperti ini, kamu tetap perlu memperhatikan outfit yang akan dipakai demi menghormati pengantin yang telah mengundangmu. Jangan sampai menggunakan kaos, sweater, jeans, atau sandal jepit seadanya, karena hal tersebut akan memberikan kesan kurang sopan dan tidak sesuai dengan suasana pernikahan.

Sebaliknya, kamu bisa memilih gaun pendek berwarna netral dan casual yang tetap terlihat elegan. Padukan dengan riasan ala no makeup makeup serta aksesori rambut yang sederhana untuk memberi kesan natural dan segar pada penampilanmu. Untuk pria, jas memang menjadi pilihan utama pada acara pernikahan formal, namun pada acara pernikahan casual, kamu bisa lebih leluasa memilih mix and match blazer, kemeja, dan celana dengan warna senada untuk menciptakan tampilan yang lebih santai tapi tetap sopan.

Namun, meskipun acara pernikahan kasual memungkinkanmu untuk tampil lebih bebas, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar penampilanmu tetap sopan dan rapi. Hindari menggunakan outfit yang terlalu ketat dan terbuka, serta perhatikan dress code yang tertera di undangan. Jika dress code tidak jelas, kamu bisa menanyakan langsung kepada pengantin atau pihak panitia untuk mengetahui dress code yang sesuai.

Mengutamakan Kenyamanan dalam Memilih Sepatu

Ketika akan menghadiri acara apapun, tak dapat dipungkiri bahwa kenyamanan adalah faktor utama yang harus diperhatikan saat memilih outfit. Salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah pemilihan sepatu yang tepat, karena sepatu berperan penting dalam menentukan kenyamananmu selama menghadiri acara tersebut.

Tak selalu harus menggunakan sepatu hak tinggi atau heels, kamu bisa menyesuaikan jenis acara dengan jenis sepatu yang digunakan. Terutama jika acara diadakan di luar ruangan seperti taman atau pantai, sebaiknya hindari penggunaan heels model stiletto atau jenis hak tipis lainnya yang akan membuatmu kesulitan bergerak.

Menyesuaikan Outfit dengan Konsep Acara Undangan

Indonesia memiliki kekayaan budaya dan tradisi, termasuk dalam acara pernikahan. Untuk memilih outfit yang tepat, penting bagi kamu untuk mengenali konsep acara yang akan dihadiri. Jika acara mengusung adat tradisional, kamu bisa memilih outfit yang senada seperti kebaya, batik, kain tenun khas daerah tertentu, atau wastra Indonesia lainnya yang sesuai.

Jika konsep acara adalah resepsi di ballroom dengan konsep internasional, pilihan yang tepat adalah gaun atau setelan jas yang sesuai. Namun, jika acara yang diadakan lebih santai seperti garden party, kamu bisa memilih outfit yang membuatmu leluasa saat bergerak seperti midi dress dan flat shoes.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memilih outfit untuk menghadiri acara pernikahan. Dengan menyesuaikan outfit dengan konsep acara yang dihadiri, kamu dapat tampil dengan percaya diri dan membuat kesan yang baik pada para tamu undangan.