Tips Merawat AC Mobil

TipMerawat Ac Mobil – Pernah anda saat mengendarai mobil namun kayak sedang bermain bola? Karena keringat terus saja bercucuran tanpa henti, padahal AC mobil juga sudah dinyalakan.

Jika anda pernah merasakan hal ini maka yang bermasalah adalah AC yang ada di dalam mobil. AC mobil ini memang sangat penting untuk diperhatikan namun tidak banyak orang yang bisa membuat AC pada mobil ini terus bekerja dengan baik, dikarenakan ia tidak pernah dilakukan perawatan secara khusus.

Oleh karena itu bagi anda yang memiliki mobil, maka mulai saat ini anda harus memperhatikan AC yang ada dengan melakukan perawatan secara penuh.

Jika anda tidak menjaganya dengan baik maka AC mobil ini ketika berusia dua tahun pemakaian akan gampang bermasalah.

Apabila evaporator udah banyak debu dan juga kotoran lainnya maka untuk sirkulasi udara tidak lagi bisa maksimal, dan ini menyebabkan AC tidak dapat bekerja seperti sedia kala.

Nah dengan permasalahan tersebut, kali ini admin ingin memberikan ulasan dan juga tips 10 cara merawat AC mobil agar tetap berfungsi dengan baik, dan berikut ini adalah ulasannya:

  1. Yang pertama ialah anda bersihkan kondensor dari berbagai kotoran yang menempel. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air pada saat anda tengah mencuci mobil anda.
  2. Setelah itu cek freon pada AC mobil yang anda miliki, karena biasanya AC yang tidak bisa bekerja dengan maksimal dikarenakan freon udah waktunya isi ulang alias habis. Oleh karena itu maka anda harus selalu rutin mengeceknya.
  3. Cara yang harus anda lakukan dalam merawat AC mobil ialah dengan selalu membersihkan kabin yang ada di mobil, jangan sampai ia terkena debu ataupun pasir, yang mana kotoran ini sering kali menempel pada jok, karpet bawah dan juga yang lainnya. Dan sebaiknya bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner supaya kotoran bisa hilang.
  4. Anda juga bisa membelikan filter angin di dalam mobil anda yang bisa anda pasang dekat evaporator AC. Dengan tujuan agar debu ataupun kotoran lainnya tidak bisa lagi masuk kedalam evaporator.
  5. Bersihkan filter kabin dengan teratur yang telah anda pasang di dalam mobil, agar filter ini bisa bekerja dengan maksimal dalam menyaring berbagai benda asing yang mungkin bisa masuk.
  6. Periksalah putaran ekstra fan dengan jeli apakah ia masih berfungsi dan juga bekerja dengan maksimal ataukah tidak. Ektra fan ini merupakan memiliki fungsi membuang panas kondensor ketika AC mobil tengah dinyalakan.
  7. Jangan terlalu sering membuka kaca mobil apabila ac tengah dinyalakan hal ini bisa mengakibatkan kotoran diluar bisa masuk kedalam, dan bisa masuk ke evaporator.
  8. Usahakan jangan merokok di dalam mobil hal ini juga akan bisa merusak funsi dari AC secara perlahan karena asap rokok bisa masuk ke dalam evaporator.
  9. Janganlah anda menaruh pewangi mobil yang memiliki bau sangat kuat, hal ini juga bisa mempercepat timbulnya lendir yang ada di evaporator AC.
  10. Anda juga perlu mengecek RPM mesin pada saat AC tengah anda hidupkan, hal ini dikarenakan RPM mesin sangatlah rendah ketika AC mobil dihidupkan dan ini juga akan berpengaruh efek dingin tidaknya AC mobil yang anda miliki.

Demikianlah ulasan mengenai tips merawat AC mobilsemoga bisa memberikan manfaat untuk anda.


Leave a Comment