Tips Sehat Memakai Lensa Kontak

  • Share
Tips Sehat Memakai Lensa Kontak
Tips Sehat Memakai Lensa Kontak

Memakai kacamata bisa menjadi keharusan apabila seseorang memiliki mata yang minus, plus atau kelainan mata lainnya.

Karena tanpa kacamata tersebut, aktivitas akan terganggu bahkan dari segi keselamatan pun akan membahayakan diri. Ketika berada di jalan raya misalnya.

Tidak bisa melihat dengan jelas dan akibatnya, bisa membahayakan diri dan orang lain di jalan.

Namun semakin berkembangnya tren kecantikan, dan mengikuti keinginan orang untuk tidak menggunakan kacamata manual maka lensa kontak telah menjadi pilihan.

Disamping itu, warna warninya yang cantik juga memberi pesona tersendiri. Sehingga peminatnya semakin hari semakin banyak.

Karena lensa kontak langsung digunakan pada mata, maka perlu diketahui tips sehat memakai lensa kontak. Hal pertama yang perlu dipahami adalah membaca petunjuk secara seksama.

Setiap produk tentunya memiliki petunjuk sendiri-sendiri. Bacalah secara cermat berikut tanggal berapa kedaluarsanya.

Menjaga kebersihan tangan adalah tips sehat memakai lensa kontak berikutnya. Gunakan sabun anti septik dan cucilah tangan dengan air mengalir.

Jangan sampai tangan yang kita gunakan memasang lensa kontak membawa bibit penyakit sehingga akan menginfeksi mata dan bukannya cantik dan praktis yang diperoleh melainkan mengunjungi dokter mata untuk pemulihan mata.

Lama pemakaian lensa kontak perlu diperhatikan. Rata-rata waktu ideal memakai lensa kontak adalah 6 jam. Selebihnya akan membahayakan mata karena kekurangan oksigen dan bisa menjadi kering.

Jika memang ingin memakai dalam waktu lama, istirahatkan mata sejenak dari lensa kontak kurang lebih 20 menit, kemudian gunakanlah lagi.

Tips sehat memakai lensa kontak berikutnya adalah membersihkan lensa kontak menggunakan cairan yang memang dikhususkan untuk lensa kontak.

Setelah selesai digunakan pun bersihkan dengan cairan khusus pembersih lensa kontak. Cukup dengan meneteskan 3-4 tetes ke tangan yang telah bersih dan menggosokkannya pada lensa kontak hingga bersih.

Karena lensa kontak termasuk benda asing yang ditempelkan pada tubuh, ada kemungkinan tubuh akan memberi reaksi. Gatal-gatal pada mata biasanya.

Jangan dikucek jika hal itu terjadi, teteskan obat mata khusus bagi pemakai lensa kontak agar lebih nyaman rasanya. Dan jangan lupa untuk melepas lensa kontak ketika tidur agar mata tidak kering.

  • Share
hit tracker