Bisnis  

TIPS Sukses Jadi Pengusaha Ala Putra Presiden Jokowi

Putra dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses di kota Solo. Gibran Rakabuming Raka memiliki beberapa usaha yang dikelolanya di kota solo diantaranya Martabak Kota Barat atau MAKOBAR, Katering dan juga warung cakar ayam bakar pedes. Bahkan beberapa usaha tersebut sudah memiliki cabang di beberapa kota besar di Indonesia.

Jadi pengusaha harus “Ngeyel”

Gibran mengatakan bahwa tips pertama agar usaha yang kita rintis dapat menjadi maju adalah “ngeyel”. Maksudnya, jadi pengusaha harus idealis, harus punya pendirian. Sebagaimana kita ketahui, keluarga besar Presiden Joko Widodo memiliki latar belakang usaha di bidang mebel. Usaha tersebut tentunya sangat berbeda dengan usaha yang dirintisnya sekarang yakni usaha di bidang kuliner. Gibran mengatakan bahwa dirinya dulu sempat digadang-gadang sebagai penerus usaha mebel, namun ia tetap “ngeyel” dan kekeuh menekuni bidang kuliner meskipun awalnya juga mendapat tentangan dari keluarga.

Jadi Pengusaha Harus punya Keyakinan yang kuat

Meskipun ketika awal usahanya  dirintis ia sudah dikenal sebagai putra wali kota Solo pada waktu itu, namun bukan berarti usahanya mulus-mulus saja tapa hambatan. Gibran mengaku bahwa  ia juga sempat jatuh bangun dalam merintis usahanya tersebut.

Sejak memulai usaha  katering pada tahun 2010, ia mengaku bahwa tahun pertama dan tahun kedua usahanya tersebut berjalan merupakan  tahun terberatnya. Mesipun demikian, ia tidak begitu saja putus asa dan menyerah. Ia masih bisa melihat peluang ke depan bahwa bisnis kuliner akan terus memiliki “pasar”. Dari keyakinan itu, ia terus melanjutkan usahanya.

Baginya, jika kita sudah punya kemauan dan keyakinan akan berhasil maka lebih baik dijalanin aja. Menurut Gibran, dalam menjalankan sebuah usaha, tidak cukup hanya dengan berbekal modal yang besar tetapi juga harus dapat memberikan keyakinan kepada para pelanggang tentang mutu produknya.

Jadi Pengusaha harus Fokus

Selain itu, Gibran juga memberi tips agar bisa menjalankan usaha dengan baik yaitu “Fokus”. Ia menyarankan agar kita tidak menjalani dua profesi atau lebih dalam waktu yang bersamaan. Menjalani dua profesi dapat membuat usaha-usaha yang kita lakukan tidak fokus sehingga hasil yang didapatkan pun tidak maksimal.

Jadi Pegusaha harus mampu Memberdayakan Masyarakat

Tips lain yang  ampuh dari Gibran agar usaha yang kita kelola semakin maju adalah dengan memberdayakan masyarakat karena dengan memberdayakan masyarakat sekitar, kita bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Misalnya usaha Katering yang ia kelola, ia memberdayakan ibu-ibu rumah tangga untuk membantu koki dalam meracik bahan makanan. Selain itu, ia juaga menggunakan tenaga pemuda dari kampung sekitar sebagai pekerjanya. Para pemuda tersebut  diberdayakan sebagai pelayan untuk menyajikan makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.