Trend Model Baju Muslim Batik

  • Share
Trend Model Baju Muslim Batik
Trend Model Baju Muslim Batik

Setelah perjuangan panjang yang berbuntut perang dingin dengan negara tetangga, Malaysia, akhirnya bangsa Indonesia mendapat pengakuan dunia atas batik yang menjadi simbol kebudayaan kita.

Pada tanggal 2 Oktober 2009, akhirnya batik berhasil dipatenkan menjadi ciptaan bangsa Indonesia.

Setelah itu, dalam rangka melestarikan batik, pakaian batik kini mulai diwajibkan penggunaannya bagi para karyawan di hari tertentu bagi instansi pemerintah, yang kini juga mulai diikuti oleh sekolah – sekolah dan juga beberapa kantor swasta.

Dengan mewabahnya batik, maka muncullah beragam model pakaian yang menggunakan batik sebagai motifnya, termasuk pakaian muslim.

Bila dulu model baju muslim batik belum terlalu banyak pilihan, seperti hanya model gamis, koko, dan sejenisnya, kini sudah banyak dan macam yang tentunya mengikuti perkembangan fashion.

Model baju muslim batik sangat cocok untuk digunakan di acara – acara formal seperti pernikahan, acara kantor, hajatan, dan lain sebagainya, namun juga pantas untuk digunakan di acara informal.

Menjamurnya batik di masyarakat kita membuat perusahaan batik terkenal di Indonesia seperti Batik Danar Hadi kembali mengeluarkan koleksi model baju muslim batik yang lebih kreatif, inovatif dan terjangkau oleh banyak kalangan.

Kreasi yang diciptakan banyak yang menggunakan paduan antara batik dengan kain polos biasa, sehingga menghilangkan kesan “ramai” pada pakaian tersebut.

Hal itu juga dilakukan untuk menghindari ongkos produksi yang terlalu mahal karena harga kain batik memang lebih tinggi dibanding kain motif atau tanpa motif biasa.

Berbicara soal harga, model baju muslim batik cap tentu jauh lebih murah dan terjangkau dibanding dengan batik tulis.

Memang batik cap memiliki motif yang lebih beraneka ragam dibanding dengan batik tulis, namun tidak dapat dipungkiri bahawa batik tulis memiliki prestise tersendiri karena hasilnya yang khas dan tentu saja, harganya yang mahal.

Tentu saja ini disebabkan karena proses batik cap yang hanya cukup 2 hari saja, sedangkan batik tulis membutuhkan waktu hingga 2 bulan bahkan lebih untuk penyelesaiaannya.

Apalagi jika menggunakan bahan yang juga berharga mahal seperti sutra, maka bisa dipastikan pakaian tersebut harganya akan selangit, bisa mencapai hingga jutaan rupiah satu potongnya.

Namun dengan harga yang sedemikian mahalnya, tetap tidak menyurutkan minat masyarakat terhadap batik tulis.

Di tahun 2012 ini, model baju muslim batik menjadi semakin populer, karena menggunakan motif batik yang lebih modern. Warna yang dipilihpun lebih variatif dan berani, dengan padu padan yang kreatif dan tidak monoton.

Secara keseluruhan, motif batik yang kini ditampilkan menjadi lebih hidup, cerah, sehingga tidak lagi hanya kalangan orang dewasa yang tertarik, namun anak – anak dan remajapun mulai terlihat tidak canggung untuk memakainya di acara – acara formal maupun informal.

Selain itu, motif batik memang terlihat berbeda dibanding motif lainnya. Bila biasanya pasangan jarang terlihat menggunakan pakaian yang serupa, namun dengan memilih batik, mereka tidak segan – segan untuk tampil di depan umum dengan memakai motif dan warna yang sama.

Biasanya motif kembar untuk model baju muslim batik menjadi favorit pilihan di acara kumpul keluarga seperti hari raya idul fitri, atau acara khitanan.

Dengan menggunakan batik, secara tidak langsung kita juga turut melestarikan kebudayaan bangsa kita. Untuk itu alangkah baiknya bila kita mengajarkan para generasi penerus untuk menjaga salah satu budaya yang menjadi kebanggaan bangsa kita, dengan tetap menghidupkan batik ke dalam dunia fashion.

  • Share
hit tracker