Ukuran Feed Instagram Yang Ideal

Ukuran Feed Instagram – Buat Kamu yang setiap harinya membuka sosmed yaitu instagram dan  mengupload foto atau video didalamnya, tentu ingin membuat lebih bagus, rapi dan enak untuk dilihat.

Maka dari itu, Kamu harus mengetahui terlebih dahulu ukuran feed yang ideal. Instagram menjadi salah satu media sosial yang terpopuler pada tahun 2021.

Tidak hanya memilik fungsi sebagai tempat berbagai foto saja, tetapi juga bisa menjadi tempat berbagai foto dan berbagai konten multimedia yang lain.

Berapa Ukuran Feed Instagram Yang Bagus Dan Ideal ?

Tampilan video atau gambar yang ideal untuk download di IG bisa mempengaruhi view dari sesama pengguna IG. Kualitas Video atau gambar salah satu juga dipengaruhi oleh ukuran.

Lalu, berapa ukuran feed IG atau video yang bagus dan ideal ? hal ini perlu diketahui supaya foto atau video tidak terlihat aneh di dalam postingan Kamu.

Ukuran Feed Instagram Terbaru

Berikut ini adalah ukuran feed IG dan post IG terbaru. Di Foto, Video, IGTV dan Story.

Jenis Feed Instagram Rasio Gambar Ukuran Post Instagram
Foto “Square” 1 : 1 1080 x 1080 Piksel
Foto “Landscape” 1.91 : 1 1080 x 608 Piksel
Foto “Portrait” 4 : 5 1080 x 1350 Piksel
IG Live 9 : 16 1080 x 1920 Piksel
IG Story 9 : 16 1080 x 1920 Piksel
IGTV Cover 1 : 1.55 420 x 654 Piksel
Video “Landscape” 1.91 : 1 1080 x 608 Piksel
Video “Square” 1 : 1 1080 x 1080 Piksel
Video “Potrait” 4 : 5 1080 x 1350 Piksel
Foto Profil Instagram 1 : 1 180 x 180 Piksel

Ukuran Postingan Instagram Reels

Tidak mau kalah dengan aplikasi yang menyediakan video singkat atau pendek, sekarang Instagram ada fitur yang terbaru bernama Reels.

Fitur yang satu ini bisa digunakan untuk mengedit foto yang berdurasi 15 detik dengan tambahan berbagai fitur yang menarik.

Selain itu hasil dari video yang hendak di buat bisa di draf terlebih dahulu sebelum kamu mempostingnya.

Ketika sudah memposting maka akan muncul sendiri di bagian reels dan bisa di lihat para followersnya.

Untuk rasio reels sama dengan IG Story dan IG Live video adalah 1080 x 1920 pixel atau rasio 9:16.

Ukuran Feed Instagram Video

Berapakah ukuran video instagram yang bagus, nyaman dan ideal untuk dilihat ? Buat yang suka mengunggah video di Instagram maka bisa mengikuti cara yang satu ini, terutama jika Kamu membuat video di aplikasi semisal di aplikasi kinmaster.

Karena sangat penting untuk tampilan videonya menjadi sempurna, bagus dan tidak terpotong. Untuk ukuran feed Ig terbaru yaitu berukuran 1080 x 608 pixel dan rasionya sebesar 1:91:1.

Untuk alternatif yang lain bisa di pilih untuk konten video yang hendak di posting berukuran 1080 x 1350 pixel dan rasionya 4:5.

Ukuran ini sangatlah ideal, karena resolusi akan bagus pada saat di lihat di ponsel, laptop kamu atau pada saat kamu unduh.

Membuat video di IG jika ukurannya tidak pas atau tepat maka bisa mengganggu pemandangan mata yang hendak melihatnya, tampilannya menjadi tidak bagus dan sudah pasti gambarkan akan terpotong.

Maka harus di perhatikan secara baik-baik untuk ukurannya sebelum menggunakan konten, apalagi jika bertujuan untuk promosi. Maka perhatikan ukuran untuk instatorynya.

Ukuran  Feed Video Untuk Instagram Live

Selain feed, IGTV dan story, fitur yang lain juga membutuhkan kualitas ukuran video yang bagus dan memadai adalah IG Live.

Tayangan siaran langsung di IG juga dibuat dengan ukuran yang minimal dan tertentu, supaya gambar yang dihasilkan tidak sampai eror.

Berapakah ukuran video Instagram Live yang bagus ?

Pada saat Kamu mengadakan siaran langsung dari IG, maka silahkan setting kualitas video Kamu menjadi 1080 x 1280 pixel, dengan 30 fps.

Fitur live dari IG videonya juga bisa disajikan di laptop dan tidak melalui handphone saja. IG live menggunakan laptop membutuhkan beberapa aplikasi tambahan yang bisa di download guna untuk meningkatkan kualitas tampilan video yang dihasilkan di saat siaran langsung.

Ukuran Feed Video Untuk IGTV

Selain di uploud di feed, Kamu juga bisa memanfaatkan fitur dari Instagram yaitu IGTV. Fitur yang satu ini bisa memungkinkan Kamu bisa mengunggah dan melihat tayangan video dengan durasi lebih dari satu menit.

Berapakah ukuran video IGTV yang bagus, ideal dan nyaman saat menontonnya ? Buat Kamu yang membuat video di aplikasi edit video untuk di uploud di IGTV, maka perhatikan di ukuran dan bentuk videonya yang ideal untuk fitur yang satu ini.

Bentuk video bisa di mudat model landscape ataupun potrait, hanya ukurannya saja yang berbeda. Bila ingin membuat video dengan model landscape, maka ukurannya yang terbaru adalah 1920 x 1080 pixel yang berasio 9:16.

Sedangkan Kamu ingin membuat video yang berbentuk portrait, maka ukurannya 1080 x 1920 yang berasio 9:16.

Untuk model landscape di konten IGTV pada umumnya lebih disukai karena tampilannya lebih nyaman untuk di lihat dan gambar juga akan terlihat lebih bagus dan sempurna.

Kamu pastikan resolusinya bisa terpenuhi supaya video tidak pecah dan gambarnya bisa terlihat lebih sempurna.

Kamu pastikan juga resolusinya terpenuhi supaya videonya tidak pecah dan gambar bisa terlihat lebih bagus dan sempurna.

Fitur dari IGTV ini banyak digunakan sebagai tampilan video konten, marketing untuk meningkatkan view dan lain-lain.

Maka pastikan semua gambar video yang di uploud menampilkan ukuran yang terbaik supaya kualitas gambar terlihat sempurna.

Ukuran Feed Instagram Foto

Foto Feed Instagram menawarkan ukuran yang ideal dan cukup tinggi yaitu berukuran 1080 X 1080 pixel. Ukuran yang satu ini cukup besar dan resolusinya juga tinggi sehingga menghasilkan akan lebih bagus.

Mengapa ukurannya ini cukup besar ? Karena bertujuan untuk mengakomodasi layar hp, tablet, laptop, Pc dan lain-lain. Resolusi gambar yang tinggi masih tetap mengusung rasio 1:1 dengan berbentuk persegi.

Ukuran ini masih belum berubah, karena masih sama seperti ukuran pertama kali di luncurkan dari pihak Instagram. Gambar yang berukuran persegi akan terlihat sebagai konten yang ideal di saat tampil di feed IG.

Untuk ukuran minimal resolusi foto di IG yaitu 320 pixel. Apabila foto yang di download berada di bawah itu maka resolusinya akan menaikkan menjadi  320 pixel sehingga gambar yang dihasilkannya menjadi pecah.

Berikut ini adalah ukuran posting foto di Instagram yang sesuai dengan bentuknya :

  • Untuk ukuran Feed IG portrait “vertical” adalah maksimalnya 1080 x 1350 pixel dan rasionya 4:5.
  • Untuk ukuran Feed IG square adalah maksimalnya 1080 x 1080 pixel dan rasionya 1:1.
  • Ukuran Feed IG Landscape “horizontal” adalah maksimalnya 1080 x 608 pixel dan rasionya 1,91:1.

Apabila ingin mengubah foto dari landscape menjadi square, bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti squarelt atau instagrid.

Bisa juga menggunakan beberapa software edit foto di laptop atau pc seperti adobe photoshop, corel draw atau photoscape.

Cara Membuat Feed IG Supaya Tidak Terpotong

Jika dahulu kamu harus mendownload aplikasi tambahan untuk bisa mengatur postingan supaya dan tidak terpotong, maka sekarang tidak perlu di lakukan lagi.

Karena, pihak IG sudah menyediakan fitur resize yang akan menyesuaikan video atau foto dengan format ukuran postingan IG.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  • Yang pertama adalah kamu tekan tombol plus (+) di samping kanan atas di IG Kamu.
  • Kemudian pilihlah video atau foto yang akan kamu unggah.
  • Selanjutnya tekan menu icon untuk resize video atau foto ke ukuran feed IG yang berada di pojoko kiri bawah.
  • Kamu tekan tombol icon next untuk melanjutkan ke tahap edit atau posting.

Standar Video Dan Foto Di Instagram

Standar ukuran resolusi video dan gambar yang ditetapkan oleh IG bisa mempengaruhi tampilan video yang dihasilkan untuk melihat bukan hanya melalui perangkat handphone dan bisa melalui laptop, tablet dan komputer.

Semakin bagus kualitas kamera hp Kamu maka akan semakin menampilkan kualitas video dan gambar IG yang lebih bagus.

Pihak dari IG biasanya akan melakukan sebuah upgrade kualitas video atau gambar secara berkala untuk semakin memanjakan mata para pengguna sosial media.

Untuk Kamu yang mengandalkan konten video atau gambar untuk kepentingan bisnis di IG, wajib memenuhi ukuran dan aturan kualitas supaya tampilan konten dari Kamu terlihat berkualitas dan lebih bagus.

Untuk ukuran feed IG yang bagus akan membuat tampilan akun Kamu terlihat lebih manarik pada saat di buka melalui perangkat hp, tablet, laptop dan komputer.


Leave a Comment