Pantai Drini – Wisata, Alamat, Rute dan Tiket Masuk

Daerah Gunung Kidul memiliki banyak destinasi wisata menarik, terutama di area pesisirnya. Jika kamu hanya mengenal pantai Baron, Pantai Indrayanti, atau pantai Sepanjang, berarti kamu belum mengikuti perkembangan terbaru. Tepat di sebelah timur pantai Baron terdapat sebuah pantai yang menawarkan keindahan alam yang memukau, yaitu pantai Drini.

Pemandangan alam di pantai Drini tidak kalah menakjubkan dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul yang juga menawarkan berbagai aktivitas wisata serupa. Yang membuat pantai ini unik adalah adanya sebuah pulau karang di tengah-tengah pesisirnya, yang seakan membelah garis pantai. Menurut penduduk lokal, pulau ini dulunya ditumbuhi oleh tanaman perdu jenis Setigi atau dikenal dengan nama Drini dalam bahasa lokal. Inilah sebabnya mengapa pantai ini dinamai pantai Drini oleh penduduk setempat.

Ketika air surut, kamu bisa naik ke pulau ini melalui tangga beton. Dari sini, kamu akan dapat melihat panorama pesisir pantai Drini dari ketinggian. Dari atas pulau ini, kamu akan menyadari bahwa pulau karang ini sebenarnya berfungsi sebagai benteng yang melindungi pantai Drini dari gelombang laut yang datang dari arah barat.

Wisata Pantai Drini

Pantai Drini

Ada berbagai aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di pantai Drini mulai dari berenang, snorkeling, berjemur, memancing hingga ber selfie-ria menjadi aktivitas utama jika kamu datang berwisata ke pantai Drini.

Berikut ulasan satu per satu aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan disini.

Panorama Menawan Pantai Drini

Saat pertama kali menginjakkan kaki di pantai Drini, kamu akan terkesima dengan keindahan alam yang memukau. Di sini, kamu dapat bersantai di atas pasir putih yang bersih sambil menikmati udara segar dan sejuk khas pantai di pesisir Gunung Kidul.

Pemandangan di sekitar pantai ini semakin menarik dengan adanya perbukitan hijau di sekitarnya. Kamu tidak perlu khawatir tentang kulitmu terbakar karena di pantai ini terdapat tenda yang bisa disewa untuk memberikan teduh di tengah teriknya matahari.

Selain itu, di sebelah barat pantai ini, kamu akan menemukan kapal-kapal nelayan lokal yang sedang bersandar, dan tidak jauh dari lokasi itu, terdapat tempat pelelangan ikan di mana kamu bisa membeli ikan untuk dibawa pulang.

Aktivitas Seru di Pantai Drini

Pantai Drini Snorkeling

Setelah cukup bersantai, saatnya kamu mencoba aktivitas lain di sekitar pantai Drini. Kamu dapat memulainya dengan berenang di sekitar tepi pantai atau melakukan snorkeling untuk melihat kehidupan biota laut yang ada di perairan pantai ini.

Tidak bisa berenang? Jangan khawatir, di pantai ini kamu dapat menyewa pelampung. Jadi, kamu tetap dapat menikmati air laut di pantai Drini sambil mengapung di atas pelampung.

Selain itu, kamu juga dapat menyewa kano untuk menjelajahi perairan dangkal di sekitar tepi pantai Drini. Tidak ada batasan waktu penggunaan kano, sehingga kamu dapat menggunakan fasilitas ini sepuasnya. Kano ini dapat menampung 2 hingga 4 orang.

Oh iya, jangan heran jika kamu melihat wisatawan lain sedang memancing di tepi pantai Drini, karena pantai ini merupakan spot yang baik untuk memancing dengan banyaknya biota laut, termasuk ikan, yang dapat ditemui di sini.

Spot Fotografi

Bagi kamu yang gemar berfoto di media sosial, jangan lewatkan momen untuk mengabadikan keindahan pantai Drini. Terdapat banyak spot yang sangat bagus sebagai backgroud foto.

Jika kamu merasa kurang puas dengan spot-spot fotografi di sekitar tepi pantai, cobalah naik ke puncak Kosakora untuk mengambil foto dari atas. Pemandangan dari puncak ini benar-benar mengesankan, karena kamu dapat melihat pantai Kukup dan mercusuar pantai Baron dari ketinggian puncak Kosakora.

Namun, perlu diingat bahwa perjalanan menuju puncak ini cukup curam, jadi perhatikan kehati-hatianmu jika kamu membawa anak-anak. Selain itu, ada biaya sebesar 2.000 hingga 5.000 rupiah yang dikenakan untuk naik ke puncak ini.

Kulineran dan Budaya

Setelah lelah bermain di sekitar pantai, saatnya mencoba kuliner khas pantai Drini. Kamu tidak akan kesulitan mencari makanan karena terdapat banyak warung makan di sekitar pantai yang menyajikan berbagai macam masakan yang siap memuaskan perutmu.

Selain itu, jika kamu mengunjungi pantai Drini pada tanggal 1 Suro (tahun baru Jawa), kamu akan beruntung dapat menyaksikan tradisi Sedekah Bumi atau yang biasa disebut Larungan. Ini merupakan salah satu budaya yang masih dijaga oleh masyarakat setempat hingga saat ini.

Alamat dan Tiket Masuk

Alamat Pantai Drini: Desa Banjarejo, Kecamatan Tanungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000/orang

Cara Menuju Pantai Drini

Dari arah Yogyakarta:

Pusat kota Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Landasan udara Gading – Siyono -Tugu BPD – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Pantai Drini

Dari arah Solo:

  • Rute 1: Klaten – Cawas – Semin – Watukelir – Tanjungsari – Pantai Drini
  • Rute 2: Sukoharjo – Solo – Tawangsari – Seming – Watukelir – Karangmojo – Tanjungsari – Pantai Drini

Oke, itu dia panta Drini, pantai dengan segudang panorama menawan. Selamat berakhir pekan.