Cara Menghemat Data Internet saat PPKM Darurat

  • Share
Cara Menghemat Data Internet Saat Ppkm Darurat
Image by Pexels from Pixabay

Untuk meminimalisir kejadian penularan virus corona, pemerintah pusat memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

Aturan baru ini mewajibkan karyawan di berbagai industri untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Karyawan harus menyiapkan banyak hal, termasuk data internet, untuk menghadapi teknik pekerjaan ini.

Hal ini juga memaksa karyawan untuk menggunakan data internet dari operator seluler untuk menjalankan tugas mereka jika koneksi Wi-Fi tidak tersedia. Anda bisa melakukan beberapa hal agar tidak kehabisan kuota data saat tidak dibutuhkan.

1. Manfaatkan browser internet hemat data

Salah satu elemen yang mempengaruhi konsumsi data internet adalah browser. Hasilnya, Anda dapat menghemat data dengan menggunakan browser penghemat data internet seperti Google Chrome dan Opera.

Anda dapat menghemat data internet dengan menyesuaikan pengaturan browser ini. Anda dapat menginstruksikan Google Chrome untuk tidak mengunduh foto dari situs web secara otomatis.

Untuk mengaktifkan fungsi ini, navigasikan ke halaman Google Chrome, klik ikon titik vertikal di sudut kanan atas, lalu pilih Pengaturan atau Pengaturan. Pilih Show Advanced Settings atau Show Advanced Settings untuk pengaturan yang mencegah gambar diunduh dari halaman web.

Selanjutnya, buka Privasi, lalu Pengaturan Konten, lalu Foto atau Gambar, dan terakhir, Jangan tampilkan gambar apa pun.

2. Matikan Sinkronisasi Cloud

Menonaktifkan sinkronisasi dengan layanan komputasi awan seperti Dropbox atau Google Drive adalah salah satu teknik untuk menghemat data internet. Untuk menonaktifkan Dropbox, buka aplikasi Dropbox, buka Pengaturan, lalu pilih Jeda Sinkronisasi.

Pengguna Google Drive dapat mengakses versi desktop dengan mengklik simbol tiga titik vertikal di sudut kanan atas dan memilih opsi Jeda.

3. Tetapkan batas kapasitas data

Anda juga bisa membatasi kapasitas data internet smartphone saat digunakan sebagai hotspot. Batasan kapasitas data internet ini dapat ditetapkan pada smartphone Android melalui fitur Data Usage dengan masuk ke Setting, pilih Data Usage, dan pilih Set Mobile Data Limit.

4. Nyalakan Hemat Daya

Anda juga dapat memanfaatkan fungsi Power Save untuk menghemat data internet dengan masuk ke Settings, Other Wireless Connections, Personal Hotspot, Connection Management, dan Data Restriction. Kemudian, pilih salah satu dari opsi 10MB, 50MB hingga 10GB.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

hit tracker